Google Glass adalah layar optik yang dirancang dalam bentuk kacamata yang dikembangkan oleh Google melalui proyek riset dan pengembangan.  Informasi ditampilkan dalam format  yang mirip ponsel cerdas. Pemakai berkomunikasi lewat Internet melalui perintah suara bahasa manusia. Google mulai menjual prototipe Google Glass di Amerika Serikat pada tanggal 15 April 2013, dan tersedia untuk umum pada tanggal 15 Mei 2014.

Perangkat ini awalnya menerima banyak kritik karena masalah privasi dan keamanan. Pada tanggal 15 Januari 2015, Google mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi prototipe Google Glass. Pada bulan Juli 2017 diumumkan bahwa Google Glass Enterprise Edition dirilis. Mei 2019, Google mengumumkan Google Glass Enterprise Edition 2.

Kita sudah terbiasa dengan gagasan bahwa komputer adalah mesin yang kita operasikan dengan tangan. Kita merasa nyaman dengan keyboard dan mouse, generasi mendatang akan belajar menulis teks dengan kecepatan tinggi. Setiap perubahan teknologi baru membutuhkan keterampilan baru untuk menggunakannya secara mahir.

Teknologi pengenalan pola dasar telah berkembang selama beberapa generasi.

Saat ini, kacamata yang diproduksi tidak memiliki lensa terpasang, namun Google sedang mempertimbangkan kemitraan dengan produsen kacamata seperti Ray-Ban atau Warby Parker agar konsumen bisa mencoba perangkat sebelum membelinya. Perangkat ini tidak bisa digunakan oleh orang-orang yang memiliki masalah penglihatan, namun Google akan berupaya agar Google Glass bisa beroperasi dengan lensa yang sesuai dengan pemakainya.

Aplikasi yang digunakan oleh Google Glass adalah aplikasi gratis yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Glass juga menggunakan banyak aplikasi Google yang sudah ada, seperti Google Now , Google Maps , Google+ , dan Gmail . Banyak pengembang dan perusahaan membuat aplikasi untuk Glass, termasuk aplikasi berita, pengenalan wajah , olahraga, manipulasi foto, terjemahan, dan berbagi ke jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Keuntungan dari penggunaan perangkat ini :
  1. Kacamata ini adalah perangkat handsfree untuk pekerja. Mengatakan ‘OK Glass’, dapat mengaktifkan aplikasi yang tepat untuk Anda setiap saat.
  2. Bekerja lebih cerdas. Akses video pelatihan, gambar disertai catatan, atau daftar periksa kualitas yang membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan aman, cepat dan standar yang lebih tinggi.
  3. Menghubungkan Anda dengan rekan kerja dalam sekejap. Undang orang lain untuk ‘melihat apa yang Anda lihat’ melalui streaming video langsung sehingga Anda dapat memecahkan masalah secara langsung.
Spesifikasi
Versi Penjelajah 1
  1. Android 4.4 (KitKat)
  2. Tampilan 640 × 360 Himax HX7309 LCoS
  3. Kamera 5 megapiksel, mampu merekam video 720p
  4. Wi-Fi 802.11b / g
  5. Bluetooth
  6. Penyimpanan 16 GB (tersedia 12 GB)
  7. Texas Instruments OMAP 4430 SoC 1.2Ghz Ganda (ARMv7)
  8. RAM 1 GB
  9. Giroskop 3 sumbu, akselerometer 3 sumbu, dan magnetometer 3 sumbu (kompas)
  10. Sensor cahaya sekitar dan sensor jarak
  11. Transduser audio konduksi tulang
Versi Penjelajah 2

Untuk Versi Penjelajah 2 versi 2, RAM ditingkatkan menjadi 2 GB dan bingkai resep tersedia:

  1. semua fitur dari Explorer versi 1 plus:
  2. RAM 2 GB
  3. Bingkai resep tersedia
Google Glass Edisi Perusahaan

Google Glass Edisi Perusahaan ditingkatkan dari edisi sebelumnya dengan berikut ini :

  1. Prosesor Intel Atom
  2. Wifi dual-band 802.11n / ac
  3. GPS & GLONASS Terbantu
  4. Barometer
  5. Memori penyimpanan 32GB
  6. Baterai 780 mAh
  7. Speaker driver dinamis, bukan transduser audio konduksi tulang
Google Glass Enterprise Edition 2

Google Glass Enterprise Edition 2 meningkat dari edisi sebelumnya dengan :

  1. Qualcomm Snapdragon XR1. Quad core Hingga 1,7 GHz, 10 nm
  2. Android Oreo dengan Pengelolaan Perangkat Seluler AndroidEnterprise
  3. LPDDR4 3 GB
  4. Bluetooth 5.x AoA
  5. Kamera 8MP 80 ° FOV
  6. 3 mikrofon pembentuk sinar
  7. Port USB Type-C mendukung USB 2.0 480Mbps
  8. Baterai 820mAh dengan pengisian cepat
  9. Akselerometer / giroskop 6 sumbu
  10. Sensor deteksi kepala dan sensor layar Eye-on untuk fitur hemat daya
  11. Tahan air dan debu
  12. Berat 46g
Fitur :
1. Touchpad

Google Glass dapat dikontrol menggunakan touchpad yang ada di samping perangkat yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat dengan menggesek melalui antarmuka seperti garis waktu yang ditampilkan di layar. Menggeser mundur menunjukkan peristiwa terkini, seperti cuaca, dan menggeser ke depan menunjukkan peristiwa masa lalu, seperti panggilan telepon, foto, pembaruan lingkaran , dll.

2. Kamera

Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengambil foto 5 MP dan merekam video HD 720p. Glass Enterprise Edition 2 memiliki kamera 8MP 80 ° FOV yang ditingkatkan.

3. Display

Google Glass versi Penjelajah menggunakan kristal cair pada silikon (berdasarkan chip LCoS dari Himax ), sistem warna sekuensial bidang , layar bercahaya LED .

Toko Resmi Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Telegram Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Whatsapp Terabit Komputer

(Saat awal bergabung, wajib memperkenalkan diri Anda)

Silahkan chat