Keuntungan menggunakan CMS WordPress cukup banyak jika diungkapkan. WordPress yang hadir pertama kali pada tahun 2003, dibuat oleh Matt Mullenweg (programmer Amerika) dan Mike Little (programmer Inggris). Pengembang lainnya termasuk Helen Hou-Sandí, Dion Hulse, Mark Jaquith, Matt Mullenweg, Andrew Ozz, dan Andrew Nacin. Sebagai open source,  WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang juga merupakan open source. Penerus resmi b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi ini, merupakan platform Content Management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck.

WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU. WordPress menyediakan dua situs yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website. Merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Pengguna terdaftar tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Hanya template standar dan tidak dapat menambahkan asesori apa pun.

WordPress.org untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri. Merupakan wilayah pengembang (developer). Pengguna dapat mengunduh aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Dengan lebih dari 55.000 plugin untuk membangun situs sesuai kebutuhan. Dan dapat diubah ulang dengan PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Fitur yang Andal
  1. Desain Fleksibel
  2. SEO Friendly
  3. Situs Seluler yang Responsif
  4. Performa Tinggi
  5. Kelola dari Mana Saja
  6. Keamanan Terbaik
  7. Pengelola Berkas yang Hebat
  8. Mudah dan Terjangkau
Berikut Keuntungan Menggunakan CMS WordPress :
  1. Open Source. Hal ini membuat pengguna tidak perlu membayar (gratis), bahkan untuk keperluan komersial.
  2. Mudah digunakan. Karena merupakan CMS yang memiliki antar muka yang user friendly, mudah dan sederhana dan gampang dimengerti oleh pengguna.
  3. Memiliki banyak theme. Hal ini membuat pengguna memiliki banyak pilihan desain yang menarik, lebih dari 7.000 tema gratis. Bahkan kita bisa membuatnya sendiri.
  4. Memiliki banyak plugin. Dikarenakan tujuan membuat website ada bermacam-macam, maka pengembang menyediakan berbagai plugin untuk berbagai keperluan khusus. Termasuk membuat toko online yang melakukan transaksi penjualan.
  5. Mendukung berbagai multimedia. WordPress menyediakan fitur Media Library, sehingga kita dapat menambahkan gambar, audio dan video ke dalam website kita untuk memperindah tampilan.
  6. Mendukung Search Engine Optimization (SEO). Sehingga blog atau website kita dapat tampil di halaman pertama pencarian Google. Matt Cutts, mantan teknisi SEO Google, mengatakan bahwa dengan menggunakan WordPress maka pengguna diberi kemudahan dalam menangani masalah SEO.
  7. Memiliki komunitas yang luas. Dengan dukungan para pengembang dan komunitas pengguna WordPress, maka kita lebih mudah mendapatkan solusi bagi kesulitan teknis yang timbul.
  8. Kemudahan instalasi. Penginstalan WordPress sangat cepat, cukup mudah dan langsung dapat digunakan. Hampir semua server hosting menyediakan WordPress ini.
  9. Mendukung multi lever user.  Seperti Super Admin, Administrator, Editor, Author, Contributor dan Subscriber. Ini memudahkan kita membuat website berskala besar dengan pengelola yang banyak.
  10. Kemudahan melihat trafik pengunjung. WordPress menyediakan fitur dan plugin yang mengintegrasikan website kita dengan Google Analytics.
  11. Keamanan data. Pengguna WordPress dapat mengimpor maupun membackup semua posting secara berkala untuk kepentingan keamanan.
  12. Mendukung banyak bahasa. Termasuk bahasa Indonesia.
  13. Pengguna dapat mengimpor isi blog Blogger, LiveJournal, atau TypePad ke alamat hosting blog pribadi WordPress dengan menggunakan perangkat lunak WordPress.
  14. Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  15. Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  16. Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi.
  17. Fasilitas format teks dan gaya teks. 

Penghargaan dan pengakuan
  1. Pemenang “Best of open source software awards: Collaboration” InfoWorld, diberikan pada tahun 2008.
  2. Pemenang “Overall Best Open Source CMS” dari Open Source CMS Awards, diberikan pada tahun 2009.
  3. “Hall of Fame CMS category in the 2010 Open Source” digitalsynergy, diberikan pada 2010.
  4. Pemenang dari InfoWorld “Bossie award for Best Open Source Software”, diberikan pada tahun 2011.
  5. WordPress memiliki peringkat bintang lima dari Electronic Frontier Foundation.
Beberapa contoh website WordPress:
  1. Windows Blog (blog)
  2. TechCrunch (berita)
  3. The Walt Disney Company (company profile)
  4. Strandberg Guitars (company website dan toko online)
  5. Quero (toko online)

CMS ini sangat cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari website / blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online, kumpulan resep masakan, forum, sosial media, dan lain lain. Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan jika membuat website dengan WordPress.

Dengan instalasi dan update yang mudah, WordPress menawarkan potensi tak terbatas dengan plugin dan tema gratis yang dimilikinya. Apalagi platform ini dapat diamankan tanpa harus memahami coding. Dan ada banyak tutorial dan forum tentang WordPress. Juga banyak developer WordPress di Indonesia yang siap membantu. Mereka membantu kostumisasi tema yang kita pilih atau membuatkan tema sesuai dengan desain yang kita miliki.

Toko Resmi Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Telegram Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Whatsapp Terabit Komputer

(Saat awal bergabung, wajib memperkenalkan diri Anda)

Silahkan chat