Keuntungan menggunakan VPN lebih didasarkan kepada keamanan data dan privasi. VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan pribadi virtual yang dibangun di atas jaringan umum / nonpribadi (internet) untuk mengirimkan dan menerima data secara aman dan terenkripsi. Keuntungan menggunakan VPN atau jaringan pribadi virtual atau jaringan pribadi maya, membuat hal ini membuat traffic data menjadi sulit untuk disadap maupun disusupi.

Aplikasi yang berjalan melintasi VPN dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi. Sebab seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Enkripsi adalah bagian umum, meskipun bukan bagian dari koneksi VPN.

VPN dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual melalui penggunaan sirkuit khusus atau dengan protokol tunneling melalui jaringan yang ada. Virtual Private Network yang tersedia dari Internet publik dapat memberikan beberapa manfaat jaringan area luas (WAN). Sumber daya yang tersedia dalam jaringan pribadi dapat diakses dari jarak jauh.

VPN yang dimulai tahun 1996 berawal dari karyawan Microsoft yakni Gurdeep Singh Pall menemukan PPTP (Point to Point Tunneling Protocol) yang dapat membuat penggunanya bekerja dari rumah dengan koneksi internet yang aman.

Klasifikasi Sistem VPN :
  1. protokol tunneling digunakan untuk tunnel traffic
  2. lokasi titik terminasi terowongan, dekat pelanggan atau dekat penyedia jaringan
  3. jenis topologi koneksi, seperti situs-ke-situs atau jaringan-ke-jaringan
  4. tingkat keamanan yang disediakan
  5. lapisan OSI yang disajikan ke jaringan penghubung, seperti sirkuit Layer 2 atau konektivitas jaringan Layer 3
  6. jumlah koneksi simultan

Keterbatasan VPN tradisional adalah koneksi point-to-point dan tidak mendukung domain siaran. Oleh karena itu, komunikasi, perangkat lunak, dan jaringan, yang didasarkan pada lapisan 2 dan paket siaran, seperti NetBIOS yang digunakan dalam jaringan Windows, mungkin tidak didukung sepenuhnya seperti pada jaringan area lokal. Varian pada VPN seperti Virtual Private LAN Service (VPLS) dan protokol tunneling layer 2 dirancang untuk mengatasi batasan ini.

VPN pada jaringan seluler

Pengguna menggunakan jaringan pribadi seluler dalam pengaturan di mana VPN tidak terpaku pada satu alamat IP. Tetapi malah menjelajah berbagai jaringan seperti jaringan data dari operator seluler atau antara beberapa titik akses Wi-Fi. VPN Seluler banyak digunakan dalam keselamatan publik di mana mereka memberi petugas penegak hukum akses ke aplikasi seperti Computer-aided dispatch dan basis data kriminal. Keuntungan menggunakan VPN seluler komersial adalah sering digunakan untuk keamanan jaringan Wi-Fi publik.

VPN pada router

Dengan meningkatnya penggunaan VPN, banyak yang sudah mulai menggunakan konektivitas VPN pada router. Ini untuk keamanan tambahan dan enkripsi transmisi data dengan menggunakan berbagai teknik kriptografi. Pengguna rumahan biasanya menggunakan VPN di router mereka untuk melindungi perangkat seperti TV pintar atau konsol game.

Banyak produsen router menyediakan router dengan VPN bawaan. Beberapa menggunakan firmware open-source seperti DD-WRT, OpenWRT dan Tomato untuk mendukung protokol tambahan seperti OpenVPN. Menyiapkan layanan VPN pada router membutuhkan pengetahuan mendalam tentang keamanan jaringan dan pemasangan yang cermat. Kinerja akan bervariasi tergantung pada penyedia layanan Internet (ISP).

Protokol VPN yang aman memiliki :
Internet Protocol Security (IPsec)

Dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) untuk IPv6 sebagai rekomendasi. Protokol keamanan berbasis standar ini juga banyak digunakan dengan IPv4 dan Protokol Tunneling Layer 2 . IPsec menggunakan enkripsi, mengenkapsulasi paket IP di dalam paket IPsec. De-enkapsulasi terjadi akhir tujuan.

Transport Layer Security (SSL / TLS)

Melakukan terowongan lalu lintas seluruh jaringan (seperti OpenVPN dan VPN SoftEther) atau mengamankan koneksi individu. Sejumlah vendor menyediakan kemampuan VPN akses jarak jauh melalui SSL. 

Datagram Transport Layer Security (DTLS)

Digunakan di Cisco AnyConnect VPN dan OpenConnect VPN untuk memecahkan masalah yang dimiliki SSL / TLS dengan tunneling melalui TCP. Sebab tunneling TCP over TCP dapat menyebabkan penundaan besar dan koneksi dibatalkan.

Enkripsi Point-to-Point (MPPE) Microsoft

MPPE bekerja dengan Point-to-Point Tunneling Protocol dan dalam beberapa implementasi yang kompatibel di platform lain.

Microsoft Secure Socket Tunneling Protocol (SSTP)

STTP, terowongan Point-to-Point Protocol (PPP) atau lalu lintas Protokol Tunneling Layer 2 melalui saluran SSL / TLS. SSTP diperkenalkan di Windows Server 2008 dan di Windows Vista.

Multi Path Virtual Private Network (MPVPN)

Ragula Systems Development Company memiliki merek dagang terdaftar “MPVPN”.

Secure Shell (SSH) VPN

OpenSSH menawarkan tunneling VPN untuk mengamankan koneksi jarak jauh ke jaringan atau ke tautan antar jaringan. Server OpenSSH menyediakan sejumlah tunnel bersamaan. Fitur VPN itu sendiri tidak mendukung otentikasi pribadi.

Protokol WireGuard

Pada tahun 2020, dukungan WireGuard telah ditambahkan ke kernel Linux dan Android, membukanya untuk diadopsi oleh penyedia VPN. Secara default, WireGuard menggunakan Curve25519 untuk pertukaran kunci dan ChaCha20 untuk enkripsi. Kemampuan untuk berbagi pakai kunci simetris antara klien dan server.

Berikut keuntungan menggunakan VPN :
  1. IP (Internet Protocol Address) kita menjadi tidak diketahui / terekspos. VPN akan menyamarkan IP Address dan transmisi data atau informasi seolah-olah berasal dari server VPN yang Anda gunakan. Sebab server internet (ISP = Internet Service Provider) hanya mendeteksi IP server VPN.
  2. Menembus pemblokiran yang dilakukan pada suatu wilayah. Beberapa layanan internet dan media sosial yang diblokir, baru dapat terhubung dengan menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengubah IP Address komputer sesuai server VPN.
  3. Keamanan data dari penyadapan. Ketika kita melakukan koneksi ke Wifi Publik, maka hal itu rentan terhadap penyadapan data. Baik itu KRACK (Key Reinstallation Attack) dengan enkripsi WPA1 / WPA2 tanpa mengetahui kunci enkripsi, maupun ROCA (Return of Coppersmith Attack) yang dapat mengekstrasi data dengan kunci publik. Karena itu data di enkripsi.
  4. Penghematan paket data internet. Hal ini dikarenakan data akan dikompress terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pengiriman.
  5. Karena kita dapat mengakses jaringan VPN ketika kita berada di rumah maupun dalam perjalanan. Dengan demikian kita dapat bekerja dengan mengakses layanan kantor yang diberikan oleh Server VPN kantor.
  6. Lebih nyaman. Ketika kita mengakses melalui hotspot wifi di tempat umum, kita lebih merasa nyaman saat mengerjakan pekerjaan kantor atau data sensitif. Dengan VPN, data dienkripsi seakan-akan ada tunnel tersembunyi yang dibuat khusus untuk transmisi data Anda. Dengan demikian, data Anda akan terproteksi, tidak dapat dibaca atau dilacak.
  7. Lokasi geografis yang berbeda. Dengan menggunakan VPN, kita akan mendapatkan lokasi geografis yang berbeda dengan lokasi kita yang sebenarnya. Kita akan disediakan informasi berdasarkan lokasi geografis sesuai VPN yang kita gunakan
  8. Meningkatkan kecepatan download, saat menggunakan file transfer BitTorrent. VPN akan membuat tunnel pada jaringan publik sehingga tidak ada intervensi dari jaringan publik lainnya. 
  9. VPN dapat digunakan di berbagai jaringan. Apakah jaringan rumah, jaringan kantor dan hotspot Wi-Fi publik.
  10. Tidak membutuhkan peralatan tambahan yang berfungsi sebagai IP forwarder / Port Forwader.
Pemilihan VPN Perlu Lebih Cermat

Pemilihan penyedia layanan VPN yang tidak cermat akan merugikan pengguna jika penyedia layanan mengalami kebocoran. Tidak semua penyedia layanan VPN menjaga kerahasiaan data pengguna mereka. Tercatat sebanyak 6 penyedia layanan VPN gratis melakukan pembocoran data pengguna mereka. Yakni UFO VPN, Free VPN, Flash VPN, Secure VPN, Rabbit VPN, dan FAST VPN. Semuanya berasal dari Hong Kong dan dimiliki oleh induk perusahaan yang sama.

Sebanyak 20 juta pengguna yang menjadi pengguna 6 VPN tersebut bocor. Data log yang bocor mencapai 1 TB. Berisi alamat email, informasi perangkat yang dipakai pengguna, plain-text password, riwayat situs yang dikunjungi oleh pengguna, bahkan informasi pembayaran PayPal milik pengguna.

Jasa VPN dapat dibagi menjadi dua jenis kategori, yakni berbayar dan gratis. VPN berbayar artinya VPN tersebut memperoleh dana untuk pengelolaan dan perawatan layanan mereka dari penjualan jasa kepada pengguna. Layanan VPN gratis biasanya memasang iklan pada layanan mereka. Ada juga yang memberikan batasan waktu akses gratis supaya pengguna didorong untuk beralih ke layanan berbayar. 

Sebaiknya pilih layanan VPN dengan server di negara atau wilayah asal Anda, sehingga dapat menghindar dari larangan dan blokir geografis untuk tetap terkoneksi dengan teman dan keluarga Anda.

Layanan VPN Terbaik di Indonesia
NordVPN

NordVPN memiliki 5 server di Indonesia dan 5434 server lebih (P2P, Tor, Double VPN, dan Obfuscated) yang tersebar di 59 negara yang berdekatan termasuk di Singapura, Malaysia, dan Australia.  Keuntungan menggunakan VPN ini adalah koneksinya dapat diandalkan, fitur enkripsi (AES-256, OpenVPN dan IKEv2/IPSec)  yang unik, server yang didedikasikan untuk streaming, dan kemudahan penggunaannya.

Aplikasi bawaan untuk Android, iPhone, Windows, Mac, Linux, Chromebook, Android TV, Amazon Fire Stick, Amazon Fire TV dan router. Satu akun untuk 6 perangkat.

Biaya $3.71 per bulan untuk Paket 2 tahun. Atau $4.92 per bulan untuk Paket 1 tahun. 

ExpressVPN

Jaringan global dengan 3.000+ server di 160 lokasi server di 94 negara, termasuk 1 server di Indonesia. Didirikan pada tahun 2009 dan dijalankan oleh perusahaan Express VPN International Ltd. yang berada di British Virgin Islands. Keuntungan menggunakan VPN ini adalah ExpressVPN secara eksplisit menyatakan bahwa ia tidak menyimpan log aktivitas Anda. Menurutnya, mereka telah “secara hati-hati merekayasa aplikasi dan server VPN kami untuk menghilangkan informasi sensitif”. Fitur Enkripsi (AES-256, OpenVPN dan IKEv2/IPSec), proteksi kebocoran DNS / IPv6, tombol pemutus, dan kanalisasi terpisah.

Setiap langganan ExpressVPN mendukung 3 perangkat untuk koneksi secara bersamaan ke Internet. Tersedia untuk: Windows, Mac, Android, iOS, Linux, Chromebook, Kindle Fire, smart TV, peramban, dan router.

Gratis selama 30 hari. Biaya selanjutnya $ 6.67 per bulan untuk Paket 15 bulan.

Surfshark

Surfshark memberikan bonus yang sangat langka. Yakni koneksi perangkat tanpa dibatasi jumlahnya, membuatnya sebagai pilihan sempurna untuk rumah tangga dengan banyak perangkat. Dengan kecepatan lebih dari 80 Mbps melalui server Surabaya di Indonesia, dan lebih dari 1.700 di 63 negara. Mereka memiliki antarmuka yang sangat minimalis dan tidak dijejali oleh banyak fitur yang tidak Anda inginkan.

Fitur Enkripsi (AES-256, OpenVPN dan IKEv2/IPSec), dan Shadowsocks yang lebih dikenal sebagai proxy enkripsi. Shadowsocks bekerja lancar di Tiongkok. Fitur kanalisasi terbagi, enkripsi ganda, proteksi tombol pemutus, dan CleanWeb yang memblokir iklan dan mencegah malware. Surfshark menawarkan layanan tanpa log, yang berarti aktivitas Internet Anda tetap anonim. Tersedia untuk Android, iPhone, Windows, Mac, Linux, Chromebook, Amazon Fire TV, Amazon Fire Stick, dan Android TV.

Biaya $2.21 per bulan untuk Paket 2 tahun. Atau $6.49 per bulan untuk Paket 6 bulan. 

CyberGhost

Hingga saat ini, CyberGhost boleh berbangga menjadi salah satu layanan VPN yang tidak pernah mengalami kebocoran data di semua servernya. CyberGhost dibentuk tahun 2011 dengan kota asal Bucharest, Romania. Sebelumnya, saham yang di pegang oleh Robert Knapp ini kemudian di jual kepada CrossRider di tahun 2017 yang kemudian mengubah namanya menjadi Kape Technologies pada tahun 2018. CyberGhost memiliki 8 server di Indonesia dan lebih dari 6672 server di 60 negara. Tetapi tidak dapat menerobos Cina.

Fitur enkripsi AES 256-Bit, Open VPN manual, L2TP-IPsec dan PPTP. Tersedia untuk Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Android TV, Amazon Fire TV, Amazon Fire Stick, Peramban, perangkat streaming, dan router. Dapat digunakan hingga 7 perangkat. Mendukung kebijakan Tanpa Log yang ketat.

Biaya $2.25 per bulan untuk Paket 3 tahun. Atau $3.49 per bulan untuk Paket 2 tahun. Atau $3.99 per bulan untuk Paket 1 tahun. 

Toko Resmi Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Telegram Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Whatsapp Terabit Komputer

(Saat awal bergabung, wajib memperkenalkan diri Anda)

Silahkan chat