Mengenal Edge Computing dan Keuntungannya

Mengenal edge computing dan keuntungannya untuk kepentingan perusahaan dan masyarakat. Edge computing adalah metode optimalisasi sistem komputasi cloud dengan melakukan pengolahan data di ujung jaringan, di dekat sumber data (perangkat internet). Hal ini mengurangi bandwidth komunikasi yang dibutuhkan antara sensor dan pusat data center, dengan melakukan analisis pada atau di dekat perangkat.
 
Perangkat Edge Computing adalah perangkat komputasi yang berdiri sendiri yang dilengkapi fitur komputasi, penyimpanan dan layanan network. Perusahaan riset IDC mengatakan bahwa Edge Computing adalah jaringan mesh dari pusat data mikro (perangkat IoT) yang memproses atau menyimpan data penting secara lokal dan mendorong semua data yang diterima ke pusat data center atau cloud, dalam jarak kurang dari 100 kaki.
 
Kita mengenal Edge Computing memungkinkan data yang dihasilkan perangkat internet (IoT) diproses lebih dekat ke data center atau cloud. Memungkinkan perusahaan untuk menganalisa data secara real time. Edge Computing meliputi berbagai teknologi termasuk jaringan sensor nirkabel, data mobile, analisa tanda tangan, jaringan peer-to-peer dan komputasi grid / mesh.
 
Sangat ideal ketika perangkat IoT memilik koneksi yang buruk, tidak efisien jika perangkat IoT harus selalu terhubung dengan cloud. Helder Antunes, senior director of corporate strategic innovation di Cisco mengatakan bahwa dalam kebanyakan skenario, anggapan bahwa segala sesuatu akan ada di cloud dengan jalur pipa yang besar dan kuat antara cloud dan perangkat – itu tidak realistis.
 
Ada 2 model Edge Computing berkemampuan cloud :
1. Menginstalasi program di perangkat IoT sehingga dapat menangani komunikasi, menyimpan  data dari sensor, dan sinkronisasi.
2. Memperpanjang cloud ke banyak lokasi point-of-presence (PoP). Disediakan dan didistribusikan ke berbagai lokasi Edge.
 
Mengenal Edge Computing
Keuntungan dari Edge Computing :
  1. Secara signifikan menurunkan volume, lalu lintas dan jarak data sehingga mengurangi biaya transmisi, menyusutnya latency, dan meningkatkan kualitas layanan.
  2. Mengurangi lingkungan komputasi inti, menghilangkan hambatan utama dan kegagalan.
  3. Keamanan meningkat karena data dienkripsi saat menuju inti jaringan. Data diperiksa saat melewati firewall, di mana virus, kesalahan data, dan cracker dapat ditangkap sejak dini.
  4. Kemampuan untuk virtualisasi memperluas skalabilitas. Penggunanya adalah perusahaan yang menginginkan skala linier kinerja aplikasi terhadap pertumbuhan basis pelanggan.
  5. Pemenuhan kebutuhan analisis yang cepat, misalnya untuk memeriksa kinerja mesin.
Kelemahannya

Kelemahan edge computing adalah dapat meningkatkan vektor serangan. Dengan penambahan lebih banyak perangkat pintar, seperti server edge dan perangkat IoT yang memiliki komputer internal yang kuat, ada peluang baru bagi penyerang untuk menyusupi perangkat ini.

Selain itu edge computing membutuhkan lebih banyak perangkat keras lokal yang cerdas. Misalnya, saat kamera IoT memerlukan komputer internal untuk mengirim data video mentahnya ke server web / cloud, maka dibutuhkan komputer dengan daya pemrosesan yang lebih besar agar dapat menjalankan algoritma deteksi gerakannya sendiri.

Aplikasi Edge Computing

Kita mengenal Edge Computing dapat mengurangi volume data yang harus dipindahkan, lalu lintas jaringan, dan jarak yang harus ditempuh data. Itu memberikan latensi yang lebih rendah dan mengurangi biaya transmisi.

Edge Computing diaplikasikan ke beberapa teknik dan perangkat. Seperti algoritma pengenalan wajah, menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam waktu respons. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan perangkat canggih / IoT yang memiliki sumber daya yang besar yang disebut cloudlet di dekat pengguna seluler, yang menawarkan layanan yang biasanya ditemukan di cloud, memberikan peningkatan waktu eksekusi ketika beberapa tugas dipindahkan ke node edge. Di sisi lain, mengirimkan info setiap saat dapat menyebabkan perlambatan karena waktu transfer antara perangkat dan node. Jadi tergantung pada beban kerja dan konfigurasi yang optimal.

Kegunaan lainnya adalah cloud gaming, di mana beberapa aspek game dapat berjalan di cloud. Sementara video yang dirender ditransfer ke klien yang berjalan di perangkat seperti ponsel, kacamata Virtual Reality, dan lain lain. Jenis streaming ini juga dikenal sebagai streaming piksel.

Berbagai teknologi Edge computing lainnya adalah jaringan sensor nirkabel, data mobile, analisa tanda tangan, jaringan peer-to-peer, komputasi grid/mesh. Mempercepat dukungan terhadap aplikasi secara real time, seperti pemrosesan video, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), perangkat pemantauan medis dan robotik. Aplikasi penting lainnya termasuk mobil yang terhubung, mobil otonom, bot cerdas di lantai pabrik, kota pintar, Industri 4.0 (industri pintar) dan sistem otomasi rumah / gedung.

Mengenal Edge Computing

Kebutuhan industri

Kita mengenal Edge Computing dapat mendukung kebutuhan industri. Bank mungkin membutuhkan keunggulan untuk menganalisis umpan video ATM secara real-time untuk meningkatkan keamanan konsumen. Perusahaan pertambangan dapat menggunakan data mereka untuk mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan keselamatan pekerja, mengurangi konsumsi energi, dan meningkatkan produktivitas.

Pengecer dapat mempersonalisasi pengalaman berbelanja untuk pelanggan mereka dan mengomunikasikan penawaran khusus dengan cepat. Perusahaan yang memanfaatkan layanan kios dapat mengotomatiskan distribusi jarak jauh dan pengelolaan aplikasi berbasis kios mereka. Membantu memastikan mereka terus beroperasi bahkan ketika mereka tidak terhubung atau memiliki konektivitas jaringan yang buruk.

Survei International Data Corporation (IDC) pada tahun 2018 mengenai infrastruktur pusat data perusahaan di dunia menemukan bahwa implementasi teknologi edge computing saat ini ditemukan 43% berada di gedung-gedung perkantoran besar. 23% di fasilitas yang dibangun khusus, 16% di gedung kantor kecil, 11% di ritel, 23% di pabrik, 11% di fasilitas penelitian, 9% di lokasi konstruksi, dan 9% di infrastuktur publik.

Solusi dari Schneider Electric

Dave Johnson selaku Executive Vice President, Secure Power Division, mengatakan Schneider Electric menawarkan solusi sistem yang terintegrasi, arsitektur berbasis cloud, dan ekosistem mitra yang luas untuk menyelesaikan masalah teknologi perusahaan yang dihadapi. Lewat solusi seperti micro data centre (pusat data mikro), row data centre (pusat data baris), dan modular “all-in-one” data centre (pusat data modular).

Mengenal Edge Computing

Selain itu, alat manajemen berbasis cloud Schneider Electric yakni platform EcoStruxure memiliki kemampuan untuk memberikan visibilitas jarak jauh dan wawasan berbasis data untuk lingkungan edge computing.

Solusi dari IBM
Manajer Aplikasi IBM Edge

IBM® Edge Application Manager, platform cerdas dan fleksibel yang menyediakan manajemen otonom untuk komputasi edge. Administrator tunggal dapat mengelola skala, variabilitas, dan laju perubahan lingkungan aplikasi di puluhan ribu titik akhir secara bersamaan.

Mengenal Edge Computing

Solusi ini adalah lingkungan edge siklus hidup penuh yang membantu Anda membuat, menerapkan, menjalankan, memantau, memelihara, dan menskalakan logika bisnis dan aplikasi analitik dengan aman. Ini dapat berjalan di mana saja dan mengelola beban kerja di hampir semua titik akhir edge, termasuk server, gateway, dan perangkat. Endpoint edge dijalankan pada container dan platform orkestrasi Kubernetes perusahaan Red Hat® OpenShift®. Ini memberi Anda pilihan dan fleksibilitas untuk memperluas dari cloud publik atau pribadi ke server atau perangkat edge apa pun.

Manajer Cloud Jaringan Telco IBM

IBM® Telco Network Cloud Manager adalah platform manajemen cloud telekomunikasi terpadu yang dirancang untuk mendukung transformasi OSS bagi penyedia layanan komunikasi (CSP). Yang ingin meningkatkan otomatisasi dan mengurangi biaya pengoperasian (OpEx) mereka.

Percepat transformasi jaringan dan kembangkan ke 5G dengan orkestrasi lengkap dan platform jaminan layanan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *