Google Play Protect yang didukung oleh kecanggihan Google, yang memberi Anda kontrol hanya dengan sentuhan jari, sembari memandu Anda dalam prosesnya. Google Play Protect bekerja tanpa henti untuk menjaga keamanan perangkat, data, dan aplikasi. Layanan ini aktif dan otomatis didalam memindai perangkat dan terus disempurnakan  sehingga kita tidak perlu khawatir.

Jika kita lupa meletakkan perangkat kita dimana , tidak perlu khawatir. Gunakan fitur Find My Device. Kita dapat mencari perangkat dengan login ke akun Google, atau meneleponnya langsung dari browser. Kita dapat mengunci ponsel dari jarak jauh atau menampilkan pesan di layar, agar orang yang menemukan perangkat dapat mengetahui nomor handphone yang dapat dihubungi. Jika yakin perangkat kita hilang dan tidak dapat ditemukan lagi, kita dapat menghapus semua data.

Pada awal tahun 2017, sekitar 25 ribu aplikasi Android terdeteksi dijangkiti malware. Karena itu Google berusaha meningkatkan keamanan. Google Play Protect memindai miliaran aplikasi setiap hari untuk memastikan keamanan tetap terjaga. Selain itu Google membuka Application Programming Interface (API) untuk meningkatkan keamanan dan memanfaatkan kecerdasan buatan dalam machine learning. Dengan perlindungan Safe Browsing di Chrome, jika membuka situs yang berperilaku tidak wajar, kita akan diperingatkan dan diarahkan kembali ke situs yang aman.

Andrian Ludwig, Director Android Security Google, mengatakan bahwa Google telah merekrut tenaga-tenaga ahli di bidang keamanan untuk membantu meluncurkan fitur Google Play Protect. Ketika menemukan aplikasi yang mencurigakan, fitur ini bisa langsung mendeteksinya dan menanganinya seketika.

Google Play Protect membantu menjaga perangkat Anda tetap aman:
  1. Menjalankan pemeriksaan keamanan pada aplikasi dari Google Play Store sebelum Anda mendownloadnya.
  2. Memeriksa perangkat Anda untuk mendeteksi aplikasi yang berpotensi membahayakan.dari sumber-sumber lain seperti malware.
  3. Memperingatkan Anda jika mendeteksi aplikasi yang berpotensi membahayakan, dan menghapus aplikasi tersebut dari perangkat.
  4. Memperingatkan Anda tentang aplikasi terdeteksi yang melanggar Kebijakan Software yang Tidak Diinginkan dengan menyembunyikan informasi penting atau menampilkan informasi penting secara keliru.
  5. Mengirimkan pemberitahuan privasi tentang aplikasi yang dapat memperoleh izin pengguna untuk mengakses informasi pribadi Anda, yang melanggar Kebijakan Developer kami.

Memeriksa status keamanan aplikasi :
  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Play Store.
  2. Ketuk Menu = >Play Protect.
  3. Temukan informasi tentang status perangkat Anda.
Mengaktifkan atau menonaktifkan Google Play Protect :

Penting: Keamanan ini aktif secara default, tetapi Anda dapat menonaktifkannya. Demi keamanan, sebaiknya selalu aktifkan Google Play Protect.

  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Play Store.
  2. Ketuk Menu = > Play Protect  Setelan *.
  3. Aktifkan atau nonaktifkan Pindai aplikasi dengan Play Protect.
Lima tips keamanan Android dari Google :

2. Gunakan lock screen. Perangkat tidak dapat digunakan kecuali kunci layar dibuka.

Toko Resmi Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Telegram Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Whatsapp Terabit Komputer

(Saat awal bergabung, wajib memperkenalkan diri Anda)

Silahkan chat