Smart City atau kota cerdas adalah visi pembangunan kota untuk mengintegrasikan teknologi informasi & komunikasi (TIK) dan Internet of things (IoT) dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota. Aset ini mencakup sistem informasi, sekolah, perpustakaan, sistem transportasi, rumah sakit. Lalu pembangkit listrik, jaringan pasokan air, pengelolaan sampah, penegakan hukum, dan layanan masyarakat setempat.

Pejabat kota dapat berinteraksi dengan masyarakat untuk memantau apa yang terjadi di kota. Melalui aplikasi, penggunaan sensor dan kamera CCTV secara  real-time. Data dikumpulkan dari warga, perangkat, bangunan dan aset yang kemudian diproses dan dianalisa untuk memantau dan mengelola lalu lintas dan sistem transportasi, pembangkit listrik. Juga utilitas, jaringan pasokan air, limbah , deteksi kejahatan, sistem informasi , sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan layanan masyarakat lainnya.

Konsep Smart City meningkatkan kualitas, kinerja dan interaktivitas layanan perkotaan dengan tujuan untuk mengurangi biaya & konsumsi sumber daya. Dan meningkatkan interaksi antara masyarakat dan pemerintah kota. Hal ini berakibat pada restrukturisasi ekonomi, kepindahan ke ritel online, populasi yang menua. Juga pertumbuhan populasi perkotaan dan tekanan pada keuangan publik.

Implementasi di Eropa

Pada tahun 2010, Uni Eropa mengembangkan berbagai program di bawah ‘Agenda Digital Eropa’ . Dengan  fokus pada penguatan inovasi dan investasi TIK. Untuk meningkatkan layanan publik dan kualitas hidup. Adanya perkiraan bahwa pasar global untuk layanan kota cerdas akan menjadi $ 400 miliar per tahun pada tahun 2020.

Teknologi dan program Smart City telah diimplementasikan di Milton Keynes, Southampton, Amsterdam, Barcelona, ​​Madrid, Stockholm, China. Lalu Suwon (Korea Selatan), Stockholm (Swedia), Gangnam District of Seoul (Korea Selatan), Waterloo, Ontario (Kanada). Negara lainnya Taipei (Taiwan), Mitaka (Jepang), Glasgow (Skotlandia, Inggris), Calgary (Alberta, Kanada). Lalu Seoul (Korea Selatan), New York City (AS), LaGrange, Georgia (AS), dan Singapura.

Menurut Deakin dan Al Waer, ada 4 faktor yang berkontribusi :
  1. Penerapan berbagai teknologi elektronik dan digital untuk komunitas dan kota.
  2. Penggunaan TIK untuk mengubah kehidupan dan lingkungan kerja di wilayah tersebut.
  3. Penyematan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tersebut dalam sistem pemerintah.
  4. Teritorialisasi praktik yang menyatukan TIK dan orang-orang untuk meningkatkan inovasi dan pengetahuan yang mereka tawarkan.

Beberapa konsep Smart City :
  1. Kota digital: Menggabungkan infrastruktur berorientasi layanan, layanan inovasi dan infrastruktur komunikasi broadband dan komputer. Berdasarkan standar industri terbuka untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan masyarakat kota.
  2. Kota virtual: Diimplementasikan di dunia maya dengan visi “dunia tanpa jarak”. Namun masalah jarak fisik dan lokasi masih belum mudah dikelola. Ide ini bertahan melalui infrastruktur TIK, pusat data, dan bursa.
  3. Kota informasi: Banyak penduduk yang bisa hidup dan bekerja di Internet karena mereka bisa mendapatkan setiap informasi melalui infrastruktur TIK. Adanya keterkaitan antara layanan warga dan pemerintah kota.
  4. Kota cerdas: Inovasi teknologi untuk mendukung prosedur pembelajaran,  pengetahuan, kreativitas dan sumber daya manusia yang berusaha mengubah kehidupan sehari-hari.
  5. Kota Ubiquitous: Menghubungkan warga dengan layanan apapun melalui perangkat apapun melalui chip komputer yang dimasukkan ke elemen perkotaan tersebut. Menurut Anthopoulos, L., & Fitsilis, P., ini merupakan perpanjangan konsep kota digital.

Kota cerdas menggunakan teknologi informasi untuk :
  1. Memanfaatkan infrastruktur fisik (jalan, lingkungan, dan aset fisik lainnya) dengan lebih efisien melalui kecerdasan buatan dan analitik data untuk mendukung pembangunan ekonomi, sosial, budaya yang kuat dan sehat.
  2. Terlibat secara efektif dengan masyarakat lokal dalam pemerintahan lokal dan pengambilan keputusan dengan menggunakan proses inovasi terbuka dan partisipasi elektronik. Meningkatkan kecerdasan kolektif lembaga kota melalui e-governance, dengan penekanan pada partisipasi warga dan desain bersama.
  3. Belajar, beradaptasi dan berinovasi dan merespon dengan lebih efektif dan segera untuk mengubah keadaan dengan meningkatkan kecerdasan kota.
Peta jalan kota pintar terdiri dari 4 komponen :
  1. Definisikan dengan tepat apa itu komunitas. Definisi tersebut dapat mengkondisikan apa yang Anda lakukan pada langkah-langkah selanjutnya. Ini berkaitan dengan geografi, hubungan antara kota dan desa dan arus orang. Definisi kota / komunitas dinyatakan sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan nyata.
  2. Mempelajari Komunitas. Kita perlu mengetahui manfaat dari inisiatif kota cerdas. Pelajari komunitas untuk mengetahui warga, kebutuhan bisnis, atribut unik komunitas, seperti usia warga, pendidikan, hobi, dan atraksi kota mereka.
  3. Kembangkan Kebijakan Kota Cerdas. Kembangkan kebijakan untuk mendorong inisiatif, di mana peran, tanggung jawab, dan tujuan dapat ditentukan. Buat rencana dan strategi tentang bagaimana tujuan akan dicapai.
  4. Libatkan Warga. Ini dapat dilakukan dengan melibatkan warga melalui penggunaan inisiatif e-government , data terbuka , acara olahraga, dan lain lain.
Perusahaan IT, telekomunikasi, dan manajemen energi meluncurkan inisiatif pasar, diantaranya :
  1. Baidu sedang mengerjakan Apollo , sebuah teknologi tanpa pengemudi
  2. Alibaba telah menciptakan Otak Kota
  3. Tencent bekerja pada teknologi medis, seperti WeChat Intelligent Healthcare, Tencent Doctorwork, dan AI Medical Innovation System ( AIMIS)
  4. Huawei memiliki Solusi Aman Kota Ringkas yang berfokus pada peningkatan keselamatan di kota
  5. Anak perusahaan Google, Sidewalk Labs, berfokus pada kota pintar
  6. Microsoft memiliki CityNext
  7. Cisco, meluncurkan inisiatif global “Intelligent Urbanization” untuk membantu kota-kota menggunakan jaringan sebagai utilitas keempat. Untuk manajemen kota yang terintegrasi, kualitas hidup yang lebih baik bagi warga, dan pembangunan ekonomi.
  8. IBM mengumumkan Smarter Cities Challenge untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup di kota dan wilayah metropolitan. Dengan pengaktifan pendekatan pemikiran dan tindakan baru dalam ekosistem perkotaan .
  9. Schneider Electric sedang mengerjakan EcoStruxure
Jakarta Smart City

Kota Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia dengan tingkat urbanisasi tertinggi di dunia dan kota yang memiliki penghasilan per kapita tertinggi di Indonesia. Jakarta menyajikan berbagai tantangan yang kompleks serta berusaha membangun sebuah komunitas yang aktif mewujudkan Jakarta yang lebih baik. Solusi untuk permasalahan di Jakarta perlu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi di semua sektor publik. Untuk mencapai standar hidup yang diinginkan sekaligus memastikan pengelolaan sumber daya alam secara bertanggung jawab.

Proses untuk menjadi smart city merupakan perjalanan yang unik untuk kota manapun, tergantung pada tingkat maturitas dan tantangan spesifik masing-masing kota tersebut. Jakarta juga menghadapi beberapa tantangan masalah, misalnya isu yang berkaitan dengan perencanaan strategis jangka panjang dan tata kelola pemerintahan. Pemenuhan kebutuhan yang semakin meningkat dari penghuni Jakarta, penyeimbangan penyediaan infrastruktur dasar dan infrastruktur smart secara bersamaan. Serta tuntutan untuk sumber daya keuangan yang memadai guna mendanai setiap pembangunan dan perbaikan kota.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Jakarta melakukan pendekatan sistematis dalam penetapan target yang jelas dalam periode waktu tertentu. Mengidenfikasi kesenjangan utama antara keadaan saat ini dengan target. Mengembangkan dan melaksanakan serangkaian solusi praktis untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan cara yang terintegrasi dan terkoordinasi.

Visi Jakarta

Jakarta sebagai ibukota Indonesia yang aman, nyaman, makmur, produktif, berkelanjutan, dan kompetitif secara global.

Sasaran Strategis Jakarta

Meningkatkan daya saing dan mengembangkan pelayanan publik untuk mendukung kesejahteraan umum.

Misi Jakarta

Meningkatkan kualitas infrastruktur, memperkuat perekonomian, kohesi sosial dan kultural, memperbaiki kondisi lingkungan dan efisiensi penggunaan sumber daya alam, meningkatkan performa pemerintah, menguatkan inovasi dan kreatifitas.

Prinsip Dasar Jakarta

Tata kelola yang baik, kepemimpinan, dan kolaborasi.

Implementasi Unit Jakarta Smart City
Teknologi
  1. Portal Smart City untuk memonitoring Pantau Banjir, truk sampah, mesin-mesin berat, dan lain-lain
  2. Aplikasi untuk Melibatkan Masyarakat KPI Lurah, SMS Gubernur, CRM
  3. Digitalisasi Data mengelola dan mengubah semua data menjadi data digital untuk diintergrasikan ke portal smart city
  4. Kolaborasi dengan Pihak Ketiga go-food, zomato, traffi, google transit
Pelaksana Teknis
  1. Bimbingan teknis untuk penerapan teknologi informasi dan komunikasi serta pengelolaan pengaduan masyarakat
  2. Membantu Kelurahan dan SKPD untuk memecahkan permasalahan teknis
  3. Mensosialisasikan program-program unggulan Jakarta
Monitoring
  1. Analisis data untuk pembuatan dan monitoring kebijakan
  2. Mengelola pengaduan masyarakat
  3. Investigasi lapangan
  4. Mengkaji hasil implementasi teknologi dan kebijakan
Smart City di Indonesia

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Layanan Aptika Pemerintahan (LAIP) bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian PANRB menginisiasi penyelenggaraan Gerakan Menuju 100 Smart City.

Penyusunan masterplan dan quickwin smart city untuk 100 kabupaten/kota tersebut dilaksanakan dalam rentang waktu tiga tahun. Yaitu 25 daerah di tahun 2017, 50 daerah di tahun 2018 dan 25 daerah di tahun 2019. Pemilihan 100 kabupaten/kota tersebut diharapkan menjadi role model pelaksanaan smart city bagi daerah-daerah lain.

Peserta dipilih melalui tahap seleksi, dengan melibatkan asesor dari berbagai kalangan, baik pemerintah, perguruan tinggi, maupun praktisi. Para peserta kemudian menjalani serangkaian proses bimbingan dan pendampingan untuk memperkuat aspek fundamental menuju kota/kabupaten yang smart. Sesuai dengan keunggulan, potensi, dan tantangan khas daerahnya masing-masing

Pada tahun 2017, terdapat 24 Kabupaten /Kota yang telah diberikan bimbingan teknis smart city
  1. Badung (kabupaten), Bali
  2. Bandung (kota), Jawa Barat
  3. Banyuasin (kabupaten), Sumatera Selatan
  4. Banyuwangi (kabupaten), Jawa Timur
  5. Bekasi (kota), Jawa Barat
  6. Bogor (kota), Jawa Barat
  7. Bojonegoro (kabupaten), Jawa Timur
  8. Cirebon (kota), Jawa Barat
  9. Gresik (kabupaten), Jawa Timur
  10. Jambi (kota), Provinsi Jambi
  11. Kutai Kartanegara (kabupaten), Kalimantan Timur
  12. Lombok Timur (kabupaten), Nusa Tenggara Barat
  13. Makassar (kota), Sulawesi Selatan
  14. Mimika (kabupaten),Timika, Papua
  15. Pelalawan (kabupaten), Riau
  16. Samarinda (kota), Kalimantan Timur
  17. Semarang (kota), Jawa Tengah
  18. Siak (kabupaten), Riau
  19. Sidoarjo (kabupaten), Jawa Timur
  20. Sleman (kabupaten), Yogyakarta
  21. Sukabumi (kota), Jawa Barat
  22. Tangerang (kota), Banten
  23. Tangerang Selatan (kota), Banten
  24. Tomohon (kota), Sulawesi Selatan
Pada tahun 2018, terdapat 50 Kabupaten /Kota yang telah diberikan bimbingan teknis smart city
  1. Bandung (kabupaten), Jawa Barat
  2. Banjarbaru (kota), Kalimantan Selatan
  3. Banjarmasin (kota), Kalimantan Selatan
  4. Bantul (kabupaten), Yogyakarta
  5. Batang (kabupaten), Jawa Tengah
  6. Binjai (kota), Sumatera Utara
  7. Blitar (kabupaten), Jawa Timur
  8. Blora (kabupaten), Jawa Tengah
  9. Bogor (kabupaten), Jawa Barat
  10. Boyolali (kabupaten), Jawa Tengah
  11. Cimahi (kota), Jawa Barat
  12. Cirebon (kabupaten), Jawa Barat
  13. Deli serdang (kabupaten), Sumatera Utara
  14. Denpasar (kota), Bali
  15. Grobogan (kabupaten), Jawa Tengah
  16. Indramayu (kabupaten), Jawa Barat
  17. Jember (kabupaten), Jawa Timur
  18. Jepara (kabupaten), Jawa Tengah
  19. Kendal (kabupaten), Jawa Tengah
  20. Kulonprogo (kabupaten), Yogyakarta
  21. Kutai timur (kabupaten), Kalimantan Timur
  22. Lamongan (kabupaten), Jawa Timur
  23. Langkat (kabupaten), Sumatera Utara
  24. Luwu timur (kabupaten), Sulawesi Selatan
  25. Magelang (kabupaten), Jawa Tengah
  26. Manado (kota), Sulawesi Utara
  27. Mataram (kota), Nusa Tenggara Barat
  28. Medan (kota), Sumatera Utara
  29. Morowali (kabupaten),Sulawesi Tengah
  30. Muara Enim (kabupaten), Sumatera Selatan
  31. Musi Banyuasin (kota), Sumatera Selatan
  32. Padang (kota), Sumatera Barat
  33. Padang panjang (kota), Sumatera Barat
  34. Palembang (kota), Sumatera Selatan
  35. Pasuruan (kabupaten), Jawa Timur
  36. Pati (kabupaten), Jawa Tengah
  37. Pekalongan (kota), Jawa Tengah
  38. Pekanbaru (kota), Riau
  39. Pemalang (kabupaten), Jawa Tengah
  40. Pontianak (kota), Kalimantan Barat
  41. Probolinggo (kota), Jawa Timur
  42. Sibolga (kota), Sumatera Utara
  43. Solok (kabupaten), Sumatera Barat
  44. Sukoharjo (kabupaten), Jawa Tengah
  45. Sumbawa (kabupaten), Nusa Tenggara Barat
  46. Sumenep (kabupaten), Jawa Timur
  47. Surabaya (kota), Jawa Timur
  48. Surakarta (kota), Jawa Tengah
  49. Tuban (kabupaten), Jawa Timur
  50. Yogyakarta (kota), Yogyakarta
Pada tahun 2019, terdapat 25 Kabupaten /Kota yang telah diberikan bimbingan teknis smart city
  1. Ambon (kota), Maluku
  2. Balikpapan (kota), Kalimantan Timur
  3. Banda Aceh (kota), Aceh
  4. Banjar (kabupaten), Jawa Barat
  5. Banyumas (kabupaten), Jawa Tengah
  6. Batu (kota), Jawa Timur
  7. Bontang (kota), Kalimantan Timur
  8. Cilegon (kota), Banten
  9. Demak (kabupaten), Jawa Tengah
  10. Depok (kota), Jawa Barat
  11. Gunung Kidul (kabupaten), Yogyakarta
  12. Jayapura (kota), Papua
  13. Kebumen (kabupaten), Jawa Tengah
  14. Kediri (kota), Jawa Timur
  15. Klaten (kabupaten), Jawa Tengah
  16. Kupang (kota), Nusa Tenggara Timur
  17. Madiun (kota), Jawa Timur
  18. Magelang (kota), Jawa Tengah
  19. Padang Pariaman (kabupaten), Sumatera Barat
  20. Situbondo (kabupaten), Jawa Timur
  21. Sragen (kabupaten), Jawa Tengah
  22. Tabalong (kabupaten), Kalimantan Selatan
  23. Tangerang (kabupaten), Banten
  24. Tanjung Pinang (kota), Kepulauan Riau
  25. Wonosobo (kabupaten), Jawa Tengah
Badung (kabupaten), Bali

Pemkab Badung membuat aplikasi wisata yang dirancang untuk menjadi media promosi. Bekerjasama dengan Google, pada aplikasi ini, tersaji informasi seperti objek wisata, hotel, agrotourism, kuliner serta tempat-tempat penting yang dibutuhkan wisatawan saat mengunjungi Kabupaten Badung.

Dalam aplikasi “Badung Smart City”, terdapat 9 misi yang terdiri atas berbagai informasi yang dapat diakses apabila dibutuhkan oleh publik. Misi ke-1 tentang informasi keragaman adat, budaya dan agama, misi ke-2 terkait dengan informasi tata kelola pemerintahan, misi ke-3 tentang informasi mengenai pelayanan publik.

Misi ke-4 terdiri dari informasi pendidikan dan kesehatan, misi ke-5 berisi informasi ekonomi kerakyatan serta misi ke-6 adalah informasi mengenai penegakan hukum. Lalu Misi ke-7 adalah informasi mengenai lingkungan hidup, misi ke-8 berisi informasi mengenai infrastruktur, dan misi ke-9 adalah informasi mengenai pariwisata.

Penerapan smart city di Kabupaten Badung sudah berada di level impact dan sudah melibatkan seluruh unsur dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Badung, IGN Jaya Saputra pasca mendampingi tim teknis melakukan pemasangan wifi di Banjar Munduk Damping Petang. Mengikuti jejak langkah Banjar Bindu dan Pikah Abiansemal dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan jaringan akses internet gratis dari Kabupaten Badung yang disediakan oleh Diskominfo.

Bandung (kota), Jawa Barat

Pengembangan aplikasi Bandung Integrated Manpower Management Application System (BIMMA). Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai penyedia dan pencari kerja di kota Bandung. Lalu aplikasi MOOVIT yang membantu warga mendapatkan informasi jalur angkutan umum di kota Bandung.

Wali Kota Bandung saat itu, Ridwan Kamil mengatakan konsep smart city ini bertujuan untuk mempermudah segala urusan dengan dukungan konektivitas tinggi dari pemanfaatan teknologi informasi (TI). Konsep ini, pertama kali diterapkan di ‘Kota Kembang’. Salah satu penerapan smart city adalah layanan akses internet di taman-taman kota. Fasilitas itu akan menarik warga untuk berkunjung ke taman. Fasilitas serupa juga dibangun di tempat-tempat ibadah, seperti masjid, gereja dan lainnya. 

Adanya rencana kartu pintar yang dapat digunakan masyarakat untuk membayar tarif transportasi seperti angkot, bus, tarif parkir dan lainnya. Demi mendukung sistem pembayaran ini, pihaknya akan terlebih dulu melakukan penataan angkot. Pembangunan sektor transportasi di Kota Bandung juga ditunjang dengan pengadaan bus ukuran 3/4 serta Monorel. Kota Bandung telah memenangkan ajang Smart City Award 2015 yang diadakan oleh majalah Asia’s Tech Ecosytem.

Banyuasin (kabupaten), Sumatera Selatan

Program unggulan adalah sistem e-voting yang telah digunakan dalam 160 pemilihan kepala desa yang transparan. Adanya portal Sapa Banyuasin sebagai wadah interaksi antara warga dengan pemerintah.

Aplikasi Sembilang Smart City yang telah di launching oleh Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin pada Juni 2018, untuk mengakses informasi yang dibutuhkan masyarakat Banyuasin melalui beberapa fitur yang tersedia didalamnya. Pj. Sekretaris Daerah Dr. HM. Senen Har, M.Si mengungkapkan aplikasi ini merupakan bagian dan tindak lanjut program Banyuasin Terbuka yang menjadi visi misi Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH

” Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini seperti pelayanan umum, informasi publik, kesehatan, pendidikan, perhubungan, Banyuasin TV, informasi cuaca, tempat Ibadah, kuliner, dan masih banyak lagi menu lainnya cukup dalam satu aplikasi saja,” terang Kadis Kominfo Aminuddin. Dalam Sosialisasi Aplikasi Sembilang Smart City Banyuasin pada tanggal 26 November 2019.

Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin ingin menjadi kabupaten cerdas yang hijau, kreatif, Inovatif, berdaya saing dan terdepan, disingkat Smart Regency, untuk mendukung terwujudnya Muba Maju Berjaya Tahun 2022. Ada 40 aplikasi layanan yang dihadirkan Pemda Muba dalam penerapan 6 pilar Smart City.

Layanan call center “Nomor Tunggal Panggil Darurat 112” atau yang bisa disingkat sebagai NTPD112, berfungsi untuk menampung pengaduan dan informasi dari masyarakat untuk kemudian ditindaklanjuti. Layanan ini juga dapat digunakan untuk keadaan darurat seperti kecelakaan atau kebakaran.

Banyuwangi (kabupaten), Jawa Timur

Pemkab Banyuwangi menggunakan e-Retribusi untuk melakukan penarikan retribusi dengan mudah dan tidak merepotkan pelaku usaha. Sistem yang mudah dan transparan juga mendidik warga untuk mematuhi aturan.

Bupati Abdullah Azwar Anas memaparkan, Banyuwangi sengaja memilih menyebut ‘Smart Kampung’ ketimbang smart city karena basis wilayahnya adalah desa yang sebelumnya tidak mengenal teknologi informasi. Tapi sekarang secara bertahap teknologi informatika digunakan di semua lini pelayanan publik dan menggerakkan ekonomi lokal. Untuk mendekatkan pelayanan publik hingga ke level desa. Kondisi demografis Banyuwangi sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa, mencapai 5.700 kilometer persegi, didominasi pedesaan dengan jumlah hingga 189 desa dan 28 kelurahan.

Sejumlah urusan kependudukan bisa diselesaikan dengan Smart Kampung. Smart kampung menjadikan balai desa sebagai pusat aktivitas warga. Desa di Banyuwangi juga telah menjalankan e-village budgeting yang mensinergikan keuangan dan pembangunan di tingkat desa dengan kabupaten. Pada e-monitoring system, setiap proyek terpantau di sistem lengkap dengan titik koordinatnya. Tinggal diklik, keluar gambar proyeknya dari 0 sampai 100 persen.

Jika dulu pembuatan KTP elektronik harus dilakukan di Kantor Dispenduk di Kota, maka sekarang warga cukup mengurus di tingkat kecamatan. Juga adanya e-government, e-budgeting, e-health, e-Sakip. Dan 189 desa di Kabupaten Banyuwangi telah terkoneksi sepenuhnya dengan jaringan internet berbasis serat optik atau fiber optik. 

Bekasi (kota), Jawa Barat

Pemkot Bekasi melakukan rangkaian program smart living seperti penambahan dan perbaikan sarana ruang publik. Dan juga pemasangan sensor kondisi lingkungan dan pengelolaan sampah terpadu.

Setidaknya ada 9 produk aplikasi yang telah dikembangkan Pemkot Bekasi hingga saat ini. Diantaranya aplikasi Sorot yang terintegrasi dengan Command Center, Command Center, Aplikasi Absensi, Sikerja, Aplikasi RapoRT RW, SILAT, Pelaporan Online Terpadu (POT), Bekasi Iconic, dan SIAP. Aplikasi Smart Online Reporting and Observation Tools (Sorot) untuk pengguna Android itu dapat dimanfaatkan oleh jutaan warga Kota ‘Patriot’ untuk melaporkan masalah yang ada di sekitar wilayahnya. Misalnya, bila ada sampah yang belum terangkut atau jalan berlubang bisa dilaporkan melalui aplikasi tersebut. Program smart city tata kelola persampahan akan diterapkan oleh Dinas lingkungan Hidup Kota Bekasi bersama perusahaan lingkungan hidup ‘Waste4Change’.

Bekasi Smart City merupakan hasil kolaborasi antara Telkomsel dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 2018, Kota Bekasi kembali menorehkan prestasi pada ajang The 3rd Indonesia Smart Nation Award (ISNA).

Bogor (kota), Jawa Barat

Ada 2 prioritas dari Pemkot Bogor. Pertama adalah melengkapi SIM RSUD (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah) dengan sistem pengecekan ketersediaan kamar rawat inap. Kedua adalah SIM Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat).

Menurut Walikota Bogor Bima Arya, penerapan smart city di Bogor tidak digeneralisir untuk semua hal tapi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk Bogor, yang difokuskan yaitu pelayanan publik, untuk mengatasi masalah transportasi, kemacetan, dan beberapa hal lainnya yang dianggap krusial.

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor, Pak Firdaus, berencana membangun 18 aplikasi penunjang program menuju Smart City. Untuk menampung dan menyerap aspirasi warga Kota Bogor diluncurkan aplikasi SiBadra. Lalu ada Jaga Asa untuk mempermudah proses perizinan bagi para investor.

Pemkot Bogor telah memiliki infrastruktur jaringan fiber optik di antaranya 41 SKPD, 24 kelurahan, empat Puskesmas, satu BUMD dan satu Perpustakaan. Untuk infrastruktur jaringan kabel STP/LAN di antaranya ada di 4 badan, satu kantor dan satu sekretaris daerah. Sedangkan jaringan wireless ada di 44 kelurahan dan lima OPD (RPH dan Satpol PP).

Bojonegoro (kabupaten), Jawa Timur

Pemkab Bojonegoro menjalankan program Sagasih (Sapa Keluarga Dengan Kasih). Bertujuan memantau kondisi kesehatan warga, memberikan perhatian dan dukungan bagi warga yang sedang sakit. Program lainnya adalah pembangunan seribu embung dan mewajibkan perusahaan untuk membuat biopori pada luasan tertentu.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mengatakan, konsep Desa Grebek Kota adalah sumbangsih tentang teknologi, pemikiran, gagasan, ide, dari masyarakat Desa yang berpartisipasi dalam pembangunan untuk hadapi revolusi industri 4.0.

Aplikasi Sistem Informasi Desa yang dikembangkan sendiri oleh Pemkab Bojonegoro memiliki beberapa fitur unggulan seperti Website Desa, Profil, database kependudukan, dan Keterbukaan Anggaran Desa. Memberikan kemudahan kepada masyarakat desa dalam mengurus surat, rekomendasi dan ijin secara online agar lebih cepat dan mudah.

Aplikasi lain yang dikembangkan bernama Sistem Bantuan (Si Bantu). Saat pandemi covid banyak bantuan masuk yang diberikan oleh OPD (organisasi perangkat daerah) pengelola. Supaya tidak dobel, bantuan tersalurkan pada sasaran yang tepat.

Bojonegoro juga memiliki beberapa solusi unggulan, antara lain Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU) terintegrasi dengan OSS (Open Single Submistion) dan Aplikasi Statistik Bojonegoro. Sistem Informasi Lawan Corona (http://lawancorona.bojonegorokab.go.id). 

Cirebon (kota), Jawa Barat

Pemkot Cirebon memiliki program Cirebon Brojol Aja Klalen (Akte Lahir Langsung Jadi Kalo Kelahiran Lapor Secara Online), termasuk Akte Keluarga. Dan ada program Cirebon Lengko (Layanan Elektronik Kesehatan Online) untuk pendaftaran online RSUD Gunung Jati. Aplikasi “ngelmu” atau kepanjangan dari neng endi bae luru ilmu, yang mirip aplikasi ruang guru dan sudah diterapkan di SMP Negeri 18 Kota Cirebon.

Aplikasi Sedulur dirancang sebagai layanan terpadu tingkat kelurahan sehingga memudahkan warga yang akan mengurus administrasi kependudukan di Kota Cirebon. Lalu aplikasi lainnya adalah aplikasi wistakon (wisata Kota Cirebon).

Command Center merupakan layanan cepat tanggap 112. Layanan ini bisa diakses oleh seluruh warga Kota Cirebon maupun Kabupaten Cirebon. Diantaranya informasi Pembayaran Pajak, Antrian Rumah Sakit Gunung Jati, Poskamling, e-Puskesmas, Jaringan Perangkat Online, CCTV di Ruang Pelayanan Publik termasuk CCTV dari berbagai kondisi jalan di sejumlah titik di Kota Cirebon.

Pemda Kota Cirebon Meraih Penghargaan Maturitas SPIP Level 3 pada bulan Agustus 2020. Selain itu juga meraih penghargaan sebagai Kota Sangat Inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tanggal 18 Desember 2020.

Gresik (kabupaten), Jawa Timur

Pemkab Gresik menyediakan aplikasi Android Si Bling (Sistem Informasi Laboratorium Lingkungan) sebagai pelayanan pengujian laboratorium dengan sistem jemput bola. Hal ini memangkas proses administrasi dan pengujian yang selama ini membutuhkan waktu yang lama. Bahkan aplikasi Go-Ploong (Go Pelayanan Limbah Domestik Online Gresik) dari Dinas PUTR Pemkab Gresik mewakili Indonesia ke Kompetisi IT Asia yakni Asean Information Communication Technology Award di Laos.

Aplikasi dr. Kepo (Kependudukan Online), dijelaskan Wakil Bupati Moh. Qosim, nantinya masyarakat cukup mengentri nomor Kartu Keluarga untuk mengurus pelayanan administrasi kependudukan secara online. Aplikasi tersebut juga berfungsi untuk mengetahui diagnosa penyakit penduduk dalam satu KK berdasarkan nomor KK yang telah diinput ke dalam program aplikasi.

Posyandu Go adalah pelayanan terhadap anak balita yang membutuhkan pelayanan posyandu melalui (e-KMS) Kartu Menuju Sehat elektronik.

Pemkab Gresik telah menyiapkan 100 personel operator yang tersebar di seluruh SKPD se Kab Gresik. Dra. Indah Sofiana Staf Ahli Bupati menjelaskan bahwa operator TIK merupakan ujung tombak dalam Program Gresik Smart City. Untuk itu perkembangan Data harus tetap update, karena data merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung program tersebut.

Jambi (kota), Provinsi Jambi

Masyarakat dilibatkan melalui program Kampung Bantar (Bersih, Aman dan Pintar – pembangunan tingkat RT berbasis gotong royong). Program Bangkit Berdaya (Bangun Kelurahan secara Intensif Berasaskan Swadaya – subsidi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur). Aplikasi SiKesal (Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online) untuk melaporkan permasalahan kota. Ada aplikasi SIPATEN (Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) dan SIPADEK (Sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Perkantoran).

Aplikasi Perizinan, Info PBB Online, Aplikasi Kota Jambi (Informasi seputar Kota Jambi), Dishub Sign On, Dishub Smart, Si Raja Koja (Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Kota Jambi), Digitalisasi Arsip Kepegawaian, Aplikasi Kliping Digital, dan Aplikasi PPID (Permohonan Informasi Publik). Nirwan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Jambi mengatakan, saat ini total ada 50 aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota Jambi. Ada yang sifatnya untuk pelayanan, pengaduan dan informasi.

Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, bersama wakilnya Dr. dr. H. Maulana, MKM melakukan berbagai terobosan besar dalam membangun Kota Jambi Terkini (Tertib, Ekonomi Maju, Rakyat sejahtera, Kompetitif, Inovatif, Nyaman dan Iman). Diantaranya, Kota Jambi menjadi daerah di Sumatera yang pertama memiliki ruang Jambi City Operation Centre (JCOC) secara terpadu, dimana fungsi kendali dan pemantauan kota, terintegrasi dengan fungsi kontrol lainnya. Untuk mendukung JCOC, hampir setiap persimpangan di Kota Jambi sudah terpasang CCTV. Kota Jambi menjadi kota kedua di Indonesia, selain Jakarta, yang pertama kali menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (E TLE – tilang elektronik).

Kutai Kartanegara (kabupaten), Kalimantan Timur

Pemkab Kutai Kartanegara menerapkan smart parking untuk mengelola sistem perparkiran di obyek wisata, termasuk program pendataan jumlah pengunjung. Adanya aplikasi Sipulan atau Sistem Informasi Pendaftaran Rujukan Rawat Jalan Online. Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara melakukan promosi event wisata melalui inovasi E-Kukar holiday dengan aplikasi mobile berbasis android yang dapat meningkatkan citra pariwisata kabupaten tertua di Timur Borneo.

Smart Regency Kutai Kartanegara memiliki visi terwujudnya masyarakat kabupaten Kutai Kartanegara yang cerdas dengan sektor pertanian dan pariwisata sebagai penggerak utama yang didukung oleh teknologi informasi. Dinas Kominfo Kabupaten Kukar melalui Bidang e-gov menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Elektronik Daerah (SIED). SIED merupakan penyempurnaan dari sistem Informasi Managemen Daerah (SIMDA).

Bupati Kukar, Edi Damansyah meluncurkan Program Belajar Online via streaming youtube yang menggandeng kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, dan platfom aplikasi Rumah belajar dan Kukar Pintar yang dimulai tanggal 23 Maret 2020.

Lombok Timur (kabupaten), Nusa Tenggara Barat

Pemkab Lombok Timur membuat aplikasi Si Pepadu (Aplikasi Pengaduan Masyarakat) yang memudahkan masyarakat mengirimkan saran dan pengaduan. Jika terjadi banjir di satu titik, maka SKPD terkait sudah mengetahui secara langsung melalui aplikasi yang sudah dibuat. Dan akan langsung menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat yang terkena banjir.

Kepala Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Lotim melalui Sekdisnya, Dermawan mengatakan, Lombok Timur akan segera mempunyai internet murah untuk menciptakan inovasi desa pintar. Ia menambahkan, bahwa dengan adanya internet murah dapat sedikit meringankan beban masyarakat terhadap mahalnya paket internet yang diberikan oleh provider. Total 28 tower internet yang akan dibangun di Lombok Timur guna menyasar sinyal internet murah tersebut sampai ke pelosok desa. “Terwujudnya Lombok Timur yang Adil, Sejahtera dan Aman” 

Makassar (kota), Sulawesi Selatan

Pemkot Makassar memiliki program Longgar (Lorong Garden) atau Restorasi Lorong sehingga gang-gang di Makassar dihiasi tanaman hidroponik hasil swadaya masyarakat, sehingga lebih asri. Bertepatan dengan ulang tahun ke-412 kota Makassar, aplikasi Qlue secara resmi dapat digunakan oleh warga kota tersebut untuk melaporkan berbagai masalah sosial dan lingkungan. Semua laporan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan. Ada sekitar 200 orang tim Quick Response yang tersebar di 15 kecamatan dan 153 kelurahan di Kota Makassar.

Pemkot Makassar menyiapkan layanan kesehatan menggunakan teknologi, tetapi tetap ada sentuhan manusia, misalnya layanan Telemedicine Dottorotta Home Care. Ini merupakan fasilitas kesehatan berupa mobil seperti ambulans yang dioperasikan 24 jam dan bisa bergerak ke mana saja. Melalui Call Center 112, nantinya dokter akan mendatangi rumah warga untuk melakukan perawatan kesehatan sesuai kebutuhan, misalnya telemedicine, tele-EKG, dan tele-USG.

Mimika (kabupaten),Timika, Papua

Pemkab Mimika menerapkan aplikasi online sistem kependudukan terintegrasi untuk menghubungkan antar distrik dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sehingga mempermudah pengurusan data kependudukan untuk mencapai target pelayanan prima kepada masyarakat. 

Adanya aplikasi AKAIMENO (Aduan, Keluhan, Aspirasi dan Informasi) yang merupakan integrasi dari aplikasi lapor. (www.lapor.go.id) Melalui link akaimeno.com maupun halaman web Kabupaten Mimika, masyarakat Kabupaten Mimika bisa menyampaikan aspirasi, keluhan dan aduannya yang akan diteruskan oleh Kominfo kepada OPD yang terkait. Akaimeno juga bisa diakses melalui sms ke nomor 1708.

Mimika Command Center (MCC) merupakan command center pertama di Papua. Terdapat 10 unit Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di 10 titik lampu lalu lintas dan 2 unit CCTV di kantor pusat pemerintahan Timika yang terhubung ke MCC. Dimana jaringan komunikasi ini menghubungkan 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Video Conference yang digunakan untuk berkomunikasi dengan distrik-distrik hingga OPD. Penyewaan Bandwidth Internet yang dipusatkan di Data Center Kominfo dan MCC, serta platform yang dapat mengintegrasikan semua aplikasi OPD dalam satu layar di MCC.

Pelalawan (kabupaten), Riau

Pemkab Pelalawan memiliki aplikasi SiPolan (Sistem Perijinan Online) yang kemudian dikonversi menjadi program SiCantik dan Online Single Submission (OSS) yang memungkinkan pelaku usaha mendaftarkan usahanya. Bahkan disediakan PC khusus di kantor DPMSTP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Pemkab juga memudahkan masyarakat mendaftar di RSUD Selasih. Bidang layanan pemerintahan (smart governance) sudah tersedia surat elektronik SiMaya yang dilaksanakan oleh Bappeda Pelalawan. Lalu pengembangan sistem penganggaran yang dilaksanakan oleh BPKAD. Dan layanan online untuk uji kendaraan bermotor.

Untuk Smart branding sudah tersedianya aplikasi Pesona Pelalawan di Playstore dan terbentuknya komunitas peduli wisata seperti Bono River Community (BRC) dan Badan Penyelamat Wisata Air (Balaswita). Di bidang smart economy ada aplikasi Simkedes, terjadinya peningkatan keterampilan kejuruan tenaga kerja produktif, tersedianya layanan pajak secara online yang bekerjasama dengan BRI. Dalam smart society, dikembangkannya E-Library oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Pelalawan, pustaka keliling dan terapung, car free day dan terbentuknya berbagai komunitas hobi dan olahraga.

Diskominfo Pelalawan sudah berhasil membuat 15 organisasi Perangkat Daerah (OPD) interkoneksi internet secara langsung ke Diskominfo. Dan Diskominfo Pelalawan telah mempunyai tim NOC (Network Operation Center) yang bertugas memonitor penggunaan internet dan apabila terdapat gangguan, tim akan segera ke tujuan untuk memperbaikinya. Informasi kegiatan Pemerintah Kabupaten terkelola dengan baik melalui website, media sosial facebook dan instagram, bahkan layanan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) juga dibuka untuk masyarakat umum. Visi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan adalah Inovasi Menuju Pelalawan EMAS yang mandiri dalam ekonomi, aman dan sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Samarinda (kota), Kalimantan Timur

Pemkot Samarinda melakukan revitalisasi Kawasan Citra Niaga yang merupakan landmark kebanggaan Kota Samarinda. Juga melakukan pemasangan WiFi di seluruh kawasan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda memiliki program menuju smart city. Salah satunya ialah penambahan RTH di beberapa kawasan di Kota Tepian.

Kerja keras dan kebersamaan lintas OPD Samarinda telah membuat 117 aplikasi dengan tujuan memanjakan kemudahan mengakses layanan maupun program. Menyebarkan informasi, memudahkan layanan kepada masyarakat, digitalisasi dan pengumpulan data secara realtime. Diantaranya aplikasi e-Kelurahan, e-Warga, Aplication Programming Interface, Data Warehouse, Surat Elektronik, Portal Samarinda versi Android, Dashboard Smartcity, Panic Button, Antrian Online Android, Antrian Online iOS dan e-Rekomendasi. Dinas Kominfo Kota Samarinda membuat aplikasi API (Aplication Programming Interface) yakni api.samarindakota.go.id yang berfungsi sebagai jembatan untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut agar bisa saling bertukar data.

e-Kelurahan merupakan solusi khusus untuk layanan operasional kantor kelurahan melalui aplikasi berbasis web, khususnya dalam pengelolaan pembuatan surat-surat untuk warga. Diterapkannya fitur tanda tangan elektronik (TTE) dengan menggunakan sertifikat elektronik dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Semarang (kota), Jawa Tengah

Pemkot Semarang memberikan fasilitas Pusat Informasi Publik (PIP) yang memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang Kota Semarang. Di Kota Semarang setidaknya ada 204 aplikasi dan website yang aktif diantaranya 177 website Kelurahan, 16 portal Kecamatan, aplikasi Saran dan Harapan (Sarapan) DPRD. Aplikasi anggaran single entry single data, eMonev, Aplikasi Moovit, Aplikasi Wismar (Informasi Wisata Semarang). Sedangkan untuk infrastruktur seluruh OPD sudah terkoneksi dengan jaringan Fibber Optik.

Aplikasi Sarapan merupakan aplikasi untuk menampung saran, harapan, usulan dan kegiatan dari masyarakat yang ada di wilayah. Masyarakat tidak harus bertemu tatap muka dengan anggota DPRD tetapi bisa memberikan masukan secara online.

Input dari aplikasi Sarapan di Bapelitbangda di tangkap sebagai input data e Pikir (aplikasi pokok pikiran) yang selanjutnya digunakan sebagai input pada Simperda (sistem informasi perencanaan Daerah). Dan digabung dengan hasil Musrenbangkel, Musrenbangcam menjadi data KUA PPAS.

Sedangkan untuk persentase serapan anggaran dapat dimonitoring menggunakan aplikasi android melalui aplikasi eMonev. Free Wi-Fi berada di taman-taman kota dan ruang publik lainnya sebanyak 120 titik.

Siak (kabupaten), Riau

Pemkab Siak melayani masyarakat dengan mengadakan e-Puskesmas, e-Rumah Sakit dan alarm persalinan. Dan mengembangkan aplikasi online untuk investasi dan industri pariwisata. Aplikasi e-Pesona Siak yang dimiliki Dinas Pariwisata membantu masyarakat mendapatkan seputar informasi kepariwisataan Kabupaten Siak. Seperti layanan akomodasi, hotel, kuliner, transportasi, souvenir serta destinasi wisata lain di luar Kota Siak.

Bappeda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Siak menggunakan e-planing dan e-budgetting. Siak Smart City adalah portal aplikasi android Pemerintah Kabupaten Siak. Memuat beberapa fitur seperti LAKSAMANA, Wisata Siak, Informasi Publik, dan lain-lain. LAKSAMANA (Layanan Aspirasi Kotak Saran Masyarakat Kota Istana) merupakan media komunikasi untuk menerima laporan dari masyarakat sehingga dapat direspon dengan cepat oleh Dinas terkait. Masyarakat bisa menyampaikan laporan seperti macet, banjir, penumpukan sampah, jalan rusak atau lainnya terkait pelayanan masyarakat.

Sidoarjo (kabupaten), Jawa Timur

Pemkab Sidoarjo mengeluarkan program Berkas Mlaku Dewe (BMW) sehingga warga dapat mengurus dokumen kependudukan seperti KTP dan IMB di kantor desa. Pelayanan antrian pasien di Puskesmas Tarik, yang diberi nama Siap Tarik.

Sidoarjo, “The Smart Investment City” atau Sidoarjo Kota Cerdas Investasi adalah program peningkatan kualitas layanan investasi di kabupaten sidoarjo. Dimulai dengan pengintegrasian layanan publik dalam satu gedung dengan memanfaatkan teknologi informasi jaringan fiber optik di seluruh kantor dinas dan kecamatan sampai ke desa.

Mal Pelayanan Publik (MPP) melayani 168 jenis pelayanan, termasuk layanan perizinan online. Saat ini jumlah aplikasi yang sudah dimiliki Pemkab Sidoarjo mencapai 60 aplikasi. Mulai dari aplikasi e- government hingga aplikasi layanan mengurus ijin usaha dan izin lainnya. Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, pembangunan sarana free wifi sudah masuk ke desa-desa dan kelurahan, alun – alun dan taman-taman di tengah kota, serta rumah sakit umum daerah.

Sleman (kabupaten), Yogyakarta

Pemkab Sleman mengadakan program Satu Data UMKM Sleman untuk menyediakan basis data yang terintegrasi sehingga pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menjadi lebih fokus. Sleman Smart Regency di bidang kesehatan misalnya, warga dapat memantau ketersediaan kamar rawat inap melalui layanan interkoneksi.

Di sektor pendidikan, penerapan smart education sudah dirintis melalui penerimaan peserta didik baru dengan sistem online, dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Dinas Lingkungan Hidup Sleman telah melakukan beberapa inovasi seperti membentuk kelompok sampah mandiri, pelayanan sistem Lapor Sleman, pengelolaan website, pembayaran retribusi sampah secara online, dan patroli sampah liar.

BKPP telah menghadirkan sejumlah program yang juga berbasis aplikasi. Salah satunya ialah pengembangan sistem informasi pegawai dan mutasi pegawai berbasis web dan aplikasi android.

Sukabumi (kota), Jawa Barat

Pemkot Sukabumi memberikan bantuan modal dan subsidi bunga bagi UMKM potensial, melalui lembaga perbankan yang ada. Untuk pembayaran bunga pinjaman modal UKM dari BPR (Bank Perkreditan Rakyat) Kota Sukabumi dan BMT (Baitul Maal wa Tamwil). Aplikasi Super (Sukabumi Participated Responder) sebagai aplikasi pengelolaan aduan masyarakat tentang layanan publik yang masuk dalam pilar Smart Governance. Smart Living didukung dengan Puskesmas 24 jam, layanan Ambulan Sigap dan layanan Home Care.

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Bagian Perbang KSD (Perekonomian, Pembangunan dan Kerja Sama Daerah) Setda Kota Sukabumi, meluncurkan aplikasi berbasis website, yang diberi nama Simontok (Sistem Informasi Monitoring Kerjasama). Melalui aplikasi ini, Pemkot Sukabumi dapat mengingatkan kepada para pihak yang melakukan kerjasama dengan Pemkot Sukabumi. Dan para calon investor atau mitra kerja dapat melihat potensi bisnis dan prospek serta pemberdayaan yang dikerjasamakan oleh Pemkot Sukabumi.

Dinas Lingkungan Hidup Sukabumi telah menggunakan GPS untuk truk pengangkut sampah. Layanan jaringan fiber optik di Kota Sukabumi sudah 100%. Ini artinya layanan jaringan fiber optik sudah sampai ke rumah-rumah warga.

Tangerang (kota), Banten

Pemkot Tangerang memiliki aplikasi Tangerang LIVE (Liveable, Investable, Visitable, dan E-City) yang menjadi pusat berbagai layanan publik. Ada 174 aplikasi yang terdiri dari 63 aplikasi manajemen pemerintahan dan 111 aplikasi layanan publik yang dimanfaatkan untuk pelayanan pemerintahan dan masyarakat. 

Seperti aplikasi SIP Puskesmas yang memudahkan warga mengantri di layanan kesehatan milik pemerintah. Aplikasi lainnya adalah Sikda, Laksa (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda), e-Gov, e-Office, E-Paper, Segar, Siap Kerja, Saba Kota, siWarga dan Sigap.

Dinas Kominfo kota Tangerang sudah memasang 40 titik wifi berkecepatan hingga 50 Mbps. Yang tersebar di 23 Taman Tematik yang ada di Kota Tangerang yang dapat diakses langsung secara gratis oleh masyarakat. 

Tangerang Selatan (kota), Banten

Pemkot Tangerang Selatan memiliki program Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) online untuk mengurus dokumen kependudukan. Juga sistem dan aplikasi antrian online di RSUD Tangsel. Ada Aplikasi pengaduan masyarakat bernama Sistem Aplikasi Pelaporan dan Penugasan (SIARAN).

Kota Tangerang Selatan memiliki belasan aplikasi yang dijalankan di hampir masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ada juga aplikasi Tangsel Pay,  Mata Tangsel, Tangsel Cmore City (direktori Kota Tangsel). Sisumaker (sistem surat masuk dan keluar), Tangsel messenger (aplikasi messenger). Pagar (pantau harga pasar), Tangsel Belajar, SIDAP Tangsel (system informasi data pariwisata) dan Mata Tangsel. e-SPTTPD Kota Tangerang Selatan, iPBB Tangsel, ETA Tangsel, presensi Dalops DISHUB Tangsel, SiapH Tangsel (informasi produk hukum). Aplikasi Ruang Rapat Online, Sistem Administrasi Pertanahan Online (SERATON). Sistem Aplikasi Pengelolaan Barang Milik Daerah (SIAP-BMD) dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online.

Pemkot Tangsel juga memasang 100 kamera CCTV di tempat-tempat strategis dan rawan kejahatan. Memperbanyak jaringan internet atau WiFi di ruang publik seperti taman kota, puskesmas, dan sekolah.

Tomohon (kota), Sulawesi Selatan

Sebagai bagian dari Program Cepat 24 Kota Smart City, Pemkot Tomohon memiliki Aplikasi Cerdas Layanan Terpadu (SiCantik) yang mengintegrasikan layanan perijinan, aduan dan informasi. Program lainnya adalah pemusatan data kesehatan penduduk yang didistribusikan ke semua puskesmas dan rumah sakit secara online. Sesuai misi Pemkot Tomohon yakni program EMAS (E-government, Mengubah Wajah Kota, Akselerasi Pembangunan, dan Smart City).

Melalui aplikasi Qlue, masyarakat Kota Tomohon dapat langsung melaporkan berbagai keluhan di lingkungan dan pelayan pemerintah langsung melalui ponsel mereka. Adanya aplikasi Social Media Analityc Telkom, aplikasi Digital Learn, serta aplikasi e-Dukcapil Simaskot Pelangi.

Aplikasi pendukung smart goverment seperti : SIMDA Keuangan, SIMDA Gaji, SIMDA Barang Milik Daerah, e-Budgeting, e-Monev, e-Planning, e-Musrenbang, SPM Terintegrasi, Sistem Informasi Kepegawaian, Tomohon Tangguh Command Center.

Bandung (kabupaten), Jawa Barat

Diskominfo Kabupaten Bandung telah mengembangkan sejumlah aplikasi untuk menunjang keberhasilan Smart City. Smart Living telah diterapkan di 62 puskemas yang ada di Kabupaten Bandung sehingga dapat diakses secara online. Baik pendaftaran, antrean, hingga yang lainnya, dan terkoneksi dengan BPJSD. Dan aplikasi absen online di instansi.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Bandung meluncurkan aplikasi Bandung Enjoyfull, Destination, Unique and Nature (E.D.U.N). Aplikasi Simantel (Sistem Pemantauan Lingkungan) milik DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Bandung berfungsi untuk memantau daerah mana saja yang tercemar limbah. 

Smart society “Bandung 1000 Kampung” memiliki aplikasi pencari lowongan pekerjaan dengan cara akses loker.bandungkab.go.id sehingga pencari kerja dapat langsung mengajukan lamaran. Simpus (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Bandung untuk mengetahui jumlah kunjungan dan penyakit terbanyak di Kabupaten Bandung. Aplikasi android SA-ARTY (Sabilulungan Smart City)  ini merupakan gerbang yang menghubungkan informasi dari sejumlah aplikasi / website yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Banjarbaru (kota), Kalimantan Selatan

Dinas Kominfo Banjarbaru meluncurkan LAPOR SP4N (aplikasi keluhan atau aduan pelayanan publik), dengan perluasan Pejabat Penghubung ke Puskesmas , Kelurahan, SD dan SMP Negeri.  Optimalisasi layanan kependudukan, LARI SAY, 234 SAKALI GAWI, e-form oleh Disdukcapil. Pelayanan Perizinan Online (INTAN), aplikasi pelayanan perijinan publik oleh dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. 

SIPINTAR (Sistem Pencari Informasi Tata Ruang), Aplikasi penyediaan informasi data penanganan jalan dan jembatan di Kota Banjarbaru berbasis IT oleh Dinas PU Dan Penataaan Ruang Kota Banjarbaru. E-MUSRENBANG adalah Aplikasi musyawarah perencanaan pembangunan oleh Bappeda dan dinas kominfo. Aplikasi Begawi (aplikasi perhitungan tunjangan kinerja) dari BKPP. E-Planning, dari Bappeda. SIMPUN (Aplikasi informasi data aset), Aplikasi Barikin (aplikasi perhitungan data pemilu) dan SiapKK (aplikasi pelayanan administrasi kecamatan dan kelurahan) dari Diskominfo.

Aplikasi Idaman Banjarbaru dalam genggaman adalah aplikasi yang terintegrasi beberapa dinas bidang pelayanan seperti Disdukcapil Polres, termasuk PT Angkasa Pura untuk info penerbangan. Kemudian, Dinas PUPR, DPMPTSP, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, LAPOR, PPID, CCTV kota Banjarbaru dan aplikasi siap KK yang melayani permohonan pembuatan akte kependudukan. Aplikasi juga berfungsi memudahkan pelayanan bagi masyarakat karena bisa diakses melalui handphone atau android, mulai dari urusan pelayanan tingkat RT dan RW hingga tingkat birokrasi pemerintahan.

Banjarmasin (kota), Kalimantan Selatan

Sejumlah aplikasi dalam program Banjarmasin yang berjuluk “kota seribu sungai” ini diantaranya e-kelurahan, e-perizinan, ‘Ayo ke Banjarmasin’ yang di dalamnya ada Go Kelotok juga peta tempat kuliner dan objek wisata. Aplikasi Si Palui (Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi) yang memudahkan dalam pengurusan surat administrasi di kelurahan.

Banjarmasin Command Center telah terkoneksi dengan 52 kelurahan di 5 kecamatan, Disdukcapil, Siring Patung Bekantan, taman siring sungai, RTH Kamboja dan Menara Pandang. 

Pemko Banjarmasin juga memasang hotspot Wifi gratis di ruang publik. Ada 10 titik yang sudah terpasang. Diantaranya, kawasan Pemko Banjarmasin, Siring Pemko, Siring Menara Pandang, kawasan Taman 0 Km, Taman Kamboja, Kuliner Baiman, hingga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Banua Anyar.

Plaza Smart City adalah sebuah ruang publik yang berada di lantai III Menara Pandang yang dapat memberikan kenyamanan dalam hal pelayanan informasi. Dilengkapi 6 komputer, printer dan akses internet dengan fungsi utamanya adalah working space, diskusi tematik, pelatihan, dan lomba.

Bantul (kabupaten), Yogyakarta

Quickwin smart city Kabupaten Bantul diantaranya Aplikasi Lapor Bantul, Jelajah Bantul dan Jaringan Pengelola Sampah Mandiri (JPSM), LAPak Bantul, DGS Kesehatan dan Jogoriko. Sudah adanya rujukan online, antrean online, dan aplikasi perizinan online. Sistem elektronik perencanaan, penganggaran, dan laporan kinerja secara terintegrasi.

Pemasangan CCTV dilakukan pada lokasi yang dinilai strategis. Diantaranya adalah Lapangan Paseban, Pasar Bantul, Bundaran Srandakan, TPR Parangtritis, Bendung Merdiko, dan Bendung Bergan. Diskominfo Kabupaten Bantul meluncurkan wajah baru web Bantul yang lebih terkoneksi dan kontennya juga lebih lengkap. Sehingga memudahkan warga Bantul untuk mencari informasi. 

Pemkab Bantul meluncurkan Pelayanan Mobil Keliling Perekam Biometerik KTP Elektronik. Layanan ini merupakan respon Pemkab Bantul dalam upaya mengatasi kendala perekaman KTP Elektronik. Mobil kelililng ini juga melayani pengurusan Nomor Induk Kependudukan atau NIK, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.

Batang (kabupaten), Jawa Tengah

Program unggulan Smart City Pemkab Batang antara lain Batang Resourcis Integration & Colaboration System, Minggon Jatinan, Mal Pelayanan Publik, PSC Si Slamet 119, Santunan Kematian (eSakti) dan Ipal komunal.

Aplikasi “Batang Smart Region” memberikan informasi seputar Kabupaten Batang seperti tentang pariwisata / obyek wisata, kuliner, seni budaya, dan layanan publik di rumah sakit, dan bengkel motor. Dan aplikasi “Batang Spatial System” merupakan sistem aplikasi tata ruang yang berbasis web dan android yang bisa digunakan oleh masyarakat daerah setempat dan luar daerah yang membutuhkan layanan untuk berinvestasi.

Pemkab Batang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang meluncurkan Call Center 112. Bertujuan untuk memudahkan pelayanan masyarakat dalam penanggulangan keadaan darurat seperti kebakaran, kecelakaan, kesehatan, juga panggilan yang sifatnya kebutuhan cepat dalam pelayanan. Call center 112 juga telah terintegrasi dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian, Pemda, Pemadam kebakaran, dan BPBD.

Binjai (kota), Sumatera Utara

Pemerintah Kota Binjai telah meluncurkan 5 aplikasi e-Government. Binjai Command Center terkoneksi secara online dan menjadi ruang server milik pemerintah daerah pertama di Sumatra Utara. Dirancang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan, rencana pembangunan, perizinan, rencana anggaran, hingga keluhan masyarakat.

Beberapa aplikasi lainnya adalah e-Musrenbang, e-planning, e-budgeting, e-Masyarakat Binjai, e-Perizinan, e-Dokter. Aplikasi e-Warung untuk membantu memasarkan produk UKM Kota Binjai, e-PBB untuk melihat status pembayaran PBB oleh para wajib pajak, aplikasi e-Kinerja untuk memantau kinerja ASN. e-Pendidikan yaitu aplikasi yang memungkinkan orangtua memantau pendidikan anak-anaknya di sekolah. Terdapat 20 aplikasi yang dibuat sendiri dan beberapa aplikasi yang dari pusat.

Blitar (kabupaten), Jawa Timur

Kabupaten Blitar sudah melakukan Pengembangan Dan Pengelolaan Command Center, UMKM Go Online Melalui Launching Kampung Pemasaran Online, Gerakan Bangga Menanam, Pembangunan Aplikasi E-Health dan Program Desa Pintar dan Layanan Pintar Kecamatan. Aplikasi Smart Map untuk memetakan dan mengunggah hasil penanaman pohon di Kabupaten Blitar. Terdapat beberapa aplikasi lainnya diantaranya Aplikasi Amazing Blitar, Apeldeskel, dan E-SIAP online dan cek KTP. Dengan tujuan membantu sistem pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Blitar kepada masyarakat.

Salah satu program unggulan dari Quick Win indikator Smart City memanfaatkan digitalisasi yaitu Call Center kegawatdaruratan (Blitar Siap 112), Co-working space, pemberdayaan SDM berbasis TIK dan program penanganan pandemic Covid-19.

Program smart economy diantaranya adalah Gerakan 999 UMKM Digital di Kampung Wira Usaha Online. Program smart living diantaranya implementasi pelayanan internet untuk publik dengan pengembangan WiFi gratis di Taman Internet Sutojayan.

Blora (kabupaten), Jawa Tengah

Pemkab Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) meluncurkan aplikasi Smart City “Blora Kuncara” yang menampilkan informasi layanan pemerintah seperti kesehatan, administrasi kependudukan, perpajakan dan lainnya. Informasi lainnya adalah kuliner, properti, wisata, lapak jual beli, pengaduan pelayanan publik, lowongan pekerjaan bahkan sampai angkutan umum lengkap dengan fasilitas GPS.

Aplikasi Kampung Iklan merupakan persembahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Blora. Dan aplikasi Sedot A Mas (Sistem Pendaftaran Online Informasi Ketersediaan Tempat Tidur Aduan Masyarakat) merupakan aplikasi pelayanan publik buah karya RSUD dr Soetijono Blora.

Program lainnya adalah SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian), PAK REBO (Perhitungan Retribusi Online), SELINTAS (Sehari Bersalin Akta Lahir Tuntas). E-SAMIN (Sistem administrasi dan manajemen pajak terintegrasi). 

Bogor (kabupaten), Jawa Barat

Pemkab Bogor berkomitmen dalam pencapaian dimensi-dimensi Smart City dikarenakan hal ini selaras dengan program Pancakarsa. Wujud nyata komitmen adalah dengan memberikan dukungan anggaran kurang lebih sebesar 3,5 triliun atau 40,25 persen dari total APBD.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor,
telah memfasilitasi pengadaan internet Perangkat Daerah (PD), Kecamatan, Kelurahan, Wifi Publik sebanyak 24 titik. Dan 240 titik Wifi baru untuk membantu siswa/siswi di kabupaten bogor dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring saat Pandemik Covid. Kehadiran Wifi gratis ini merupakan bagian dari Pancakarsa dalam
membangun Bogor lebih maju di bidang teknologi Informasi.

Diskominfo memfasilitasi sejumlah kegiatan dan pertemuan secara virtual atau daring melalui Video Conference. Peningkatan Pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Laras (Layanan Resmi Aspirasi) Online dan Lapor terus dilakukan.

Boyolali (kabupaten), Jawa Tengah

Quick wins smart goverment Kabupaten Boyolali diawali dengan eMail Boyolali dan VOIP Boyolali. Di dalam gedung smart city Boyolali, selain terdapat ruang data center, juga adanya power room, generator room, Network Operation Center (NOC), Meetme Room (MMR) yang digunakan untuk memastikan sistem keamanan pada pusat data. Juga pemasangan CCTV di ruas jalan dan lampu merah yang ada di Boyolali.

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) telah digunakan dalam pengelolaan arsip dan pelayanan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Taman Wifi yang saat ini merupakan fasilitas publik yang memiliki fasilitas internet gratis, akan terus dikembangkan hingga pelosok pedesaan. Untuk tahap awal, baru 22 desa yang jadi sasaran program ini.

Cimahi (kota), Jawa Barat

Aplikasi Smart City Kota Cimahi digunakan untuk pelayanan internal dan pelayanan umum kepada masyarakat yang ada di Kota Cimahi dalam mengakses informasi dan pelayanan publik lainnya. Berbasis GIS dan Open Data dalam menyajikan informasi berita Kota Cimahi, monitoring cctv lalu lintas, ketersediaan data-data dan fasilitas layanan publik.

Sudah ada 71 solusi aplikasi dan berbagai inovasi dari SKPD, Forkopimda, dan komunitas masyarakat. Diantaranya aplikasi pelayanan Sasarengan Lengkapi Persyaratan (Sapakat) dan Surat Pelayanan Terpadu (Super) online. Cimahi Techno Park berperan sebagai hub yang mempertemukan para UMKM Cimahi dengan pelanggan, universitas dan bank-bank atau pemilik modal. Program smart city branding Military Heritage meningkatkan citra Cimahi sebagai tempat wisata berbasis militer mengingat sepertiga wilayah Cimahi terdapat puluhan markas TNI.

Sejumlah tempat umum di Kota Cimahi saat ini sudah dilengkapi jaringan internet. Tempat yang sudah terpasang wifi gratis tersebut diantaranya Alun-alun Cimahi, Taman Kartini Jalan Gatot Subroto, Taman Aspirasi di Jalan Djulaeha Karmita, serta Taman Technopark di Jalan Baros. Juga ada di Puskesmas di tiga kecamatan, dan di tiga kantor kecamatan di Kota Cimahi. Total sudah ada 349 titik Wi-Fi gratis, yakni 312 titik di RW dari anggaran PPM, 8 di Gedung Perkantoran Pemkot Cimahi, di Perpustakaan, 3 di Kecamatan, 15 di kelurahan, 3 puskesmas, dan 6 di area publik.

Cirebon (kabupaten), Jawa Barat

Pemkab Cirebon menghadirkan aplikasi Smart City berupa Rujukan online, Proguldes, dan aktaonline di tahun 2018. Pada tahun 2019, Pemkab Cirebon menyusun RPJMD 2019-2024, membangun Command Center, Pemusatan Data Server, Pelaksanaan LAPOR dan media sosial. Penguatan Relawan TIK, menghadirkan Layanan Kegawatdaruratan 119, meluncurkan aplikasi Smart City SIM CSR dan SIM Kemiskinan, Izinonline, dan Penyusunan Branding Daerah.

Di tahun 2020 Pemkab Cirebon menghadirkan NTPD 112, pembangunan Open Data, Sistem Kepariwisataan, Sistem Kesehatan Daerah, Penyiapan sistem kartu PEPEG, dan pemasangan CCTV.

Deli serdang (kabupaten), Sumatera Utara

Program percepatan (Quick Win) Pemkab Deli Serdang yaitu Quick Win Kenang Lemu (Kenali Deli Serdang Lewat Museum). Quick Win Jumpa Madu (jemput sampah terima duit), sistem dan aplikasi yang menghubungkan masyarakat dari berbagai unit pengelolaan sampah sehingga dimungkinkan proses penjualan dan penjemputan sampah hingga ke rumah masyarakat. 

Quick Win Mesra Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Melalui Orangtua dan Sekolah). Sebuah program pendidikan yang komprehensif dan terintegrasi untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Integrasi Kampung Organik dan TTIC (Toko Tani Indonesia Center) adalah program kerja untuk mengintegrasikan hasil pertanian dari Kampung Organik pada TTIC. TTIC sendiri dikembangkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk memotong rantai pasok dari produsen ke konsumen, sehingga baik produsen, dalam hal ini petani, maupun konsumen sama-sama untung. Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang telah dipersiapkan oleh masing-masing perangkat daerah dan BUMD.

Denpasar (kota), Bali

Kerjasama antara Pemerintah Kota Denpasar dengan PT. Telkom adalah menyediakan wifi di lebih 50 titik umum di penjuru kota Denpasar, salah satunya di Lapangan Lumintang. Aplikasi PRO (Pengaduan Rakyat Online) DENPASAR merupakan aplikasi berbasis website maupun android yang bersifat dua arah sehingga dapat meningkatkan partisipasi publik. Berperan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi program pembangunan, serta pengaduan masyarakat di Kota Denpasar.

Smart Digital Lounge untuk Pelajar, dikelola secara professional oleh Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) Kota Denpasar serta Balai Diklat Industri Denpasar. Bali Denpasar Trading adalah sebuah laman e-commerce yang dikelola oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Denpasar. Katalog barang-barang yang dijual pada laman tersebut adalah hasil karya industri kreatif dari seluruh Bali. 

Denpasar Seightseeing adalah aplikasi yang membantu wisatawan  dengan mudah menemukan tempat wisata, tempat bersejarah, kuliner, penginapan, pusat kerajinan, pementasan, hingga event yang berlangsung di seluruh penjuru Denpasar. Diskominfo juga memiliki e-Kinerja, e-Planning, dan aplikasi e-Magazine. “Dammamaya Denpasar Cyber Monitor” dengan berbagai aplikasi “Smart City” disinergikan dalam satu ruangan. Untuk menangani kebencanaan dengan nomor telepon kegawatdaruratan 112, pemantauan banjir, ATCS, Geografik Informasi System, dan E-Sewaka Dharma.

Grobogan (kabupaten), Jawa Tengah

Pemkab Grobogan menerapkan sistem informasi terintegrasi e-Budgeting dan e-Planning untuk mengelola anggaran daerah secara transparan. Terkait pelayanan telah tersedia sejumlah aplikasi, baik yang bertujuan memberi informasi maupun aplikasi yang memberi pelayanan. Untuk mendukung sektor pertanian yang merupakan penyumbang terbesar pendapatan daerah, Dinas Pertanian Pemkab Grobogan telah mengembangkan aplikasi Tani Niaga. Aplikasi ini bertugas menjembatani kebutuhan pasar dengan petani selaku produsen.

Aplikasi Pelayanan Informasi Pasar dikembangkan untuk mewadahi sektor peternakan dan perikanan. Ada aplikasi SI SIGAP untuk menangani kedaruratan terkait kesehatan dan kecelakaan. Lalu aplikasi SIPATEN untuk layanan perizinan terpadu di bidang jasa konstruksi. Dibangun juga sistem bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Bersemi (BSB) bekerja sama dengan DLH dan 215 bank sampah di Kabupaten Grobogan. Manfaat aplikasi ini, mengurangi volume sampah di Grobogan.

Aplikasi Smart City Grobogan adalah aplikasi yang dibuat Kabupaten Grobogan dengan berbagai fitur lengkap. Diantaranya masyarakat dapat menyampaikan segala aspirasi dan aduan langsung kepada Ibu Bupati Sri Sumarni. Informasi daya tarik wisata Kabupaten Grobogan dan layanan publik yang ditujukan untuk masyarakat.

Pemkab Grobogan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bekerja sama dengan Bank Jateng merilis aplikasi e-Kir pembayaran cashless atau pelayanan data online kendaraan bermotor kendaraan Grobogan (Dokar Grobog).

Indramayu (kabupaten), Jawa Barat

Terkait kesehatan khususnya cakupan layanan kesehatan terhadap ibu hamil dan bayi, dilakukan implementasi program aplikasi rujukan Si Irma Ayu. Untuk mendapatkan informasi terkait dengan ketersediaan kamar rumah sakit, rujukan, dan informasi lainnya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Indramayu telah memberlakukan perizinan secara online bagi masyarakat yang akan mengurus perizinan untuk berinvestasi di Kabupaten Indramayu melalui kanal website www.simpan-ayu.indramayukab.go.id.

“Peta Ekonomi Berbasis Android” yang mudah diakses dapat memberikan informasi bagi investor dan juga wisatawan yang berkunjung ke Indramayu. Aplikasi Smart RT/RW memiliki lima fitur utama, yaitu lapor kejadian, undangan kegiatan, pemungutan suara, transparansi dana, dan cetak laporan.

Jember (kabupaten), Jawa Timur

Jember memiliki program smart city jangka panjang yaitu Jember Satu Data yang akan mengumpulkan semua data dari setiap kantor dinas di Jember dan organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi satu platform. Layanan aplikasi Jember Safety Center (JSC) dan program 1 desa 1 ambulans akan menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang tinggi di Jember.

Aplikasi Sistem Informasi Perizinan Dalam Jaringan online (Sijiae) akan mengelola layanan perizinan di Kabupaten Jember, sehingga masyarakat bisa mendaftar secara daring dan juga mengontrol pendaftaran perizinan yang diajukannya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember memberlakukan sistem pelaporan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara online atau E-BPHTB. Termasuk pembayarannya secara online berbasis web dan pelaksanaan transaksi nontunai. 

Jepara (kabupaten), Jawa Tengah

Pemkab Jepara telah menyiapkan tiga program unggulan atau quick win. Pertama, dari komponen smart governance dengan program “Singmantap”, atau sistem informasi manajemen tata ruang menuju pelayanan perizinan prima. Kedua, dari komponen smart society lewat program “Sipronangkis” yang merupakan sistem informasi terintegrasi program penanggulangan kemiskinan. Ketiga, program “Siangsa” atau sistem informasi angkutan sampah dari komponen smart environment.

Melalui aplikasi Peta Thematic, diberikan pelayanan informasi daerah tujuan wisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Pelayanan kepada masyarakat dalam memperoleh informasi tata ruang di Jepara melalui aplikasi Singmantab. Dalam pelayanan kebersihan secara on-line dapat diakses melalui aplikasi Si Angsa. Pemerintah kabupaten telah melakukan penataan jaringan internet di Kabupaten Jepara.

Kendal (kabupaten), Jawa Tengah

Ada 3 aplikasi unggulan dari Pemkab Kendal yakni dari  Diskominfo (UP4 – Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik), Dinas Kesehatan (Public Service Center – PSC Ambulans 119 Siaga) dan Satpol PP Damkar (Pos Kamling Pintar). Kendal sudah mulai sejak 2016 melakukan aplikasi terkait pelaporan masyarakat (e – goverment) dan pada 2018 sudah mulai ditangani serius di Dinas Kominfo. Pemkab Kendal mendirikan Smart Penerangan Jalan Umum (Smart PJU) di sepanjang jalan Pantura Kendal. Program lainnya adalah pendapatan masyarakat dengan mall online (marketplace), pendidikan dengan e-book, serta kesehatan dengan yankes online.

Pemerintah Kabupaten Kendal juga memberikan wifi gratis di tempat bertemunya masyarakat seperti alun-alun, yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh elemen masyarakat. Beberapa lokasi yang telah diresmikan diantaranya Taman Garuda, Taman Gajah Mada, Taman Hutan Klorofil, Alun – Alun Kota Kendal serta Radio Swara Kendal.

Kulonprogo (kabupaten), Yogyakarta

Ada 3 aplikasi yang termasuk dalam konsep quick wins Pemkab Kulon Progo yakni Aplikasi Bumilku, Izinku dan Belabeliku untuk mempercepat dalam sektor layanan publik. Aplikasi Belabeliku adalah marketplace lokal yang memasarkan produk UMKM Kulon Progo. Aplikasi Bumilku memfasilitasi pemantauan kondisi ibu hamil secara terintegrasi atas semua fasilitas kesehatan untuk menanggulangi tingkat kematian ibu hamil, dengan memanfaatkan NIK dan geospasial .

Pemkab Kulon Progo juga memfasilitasi masyarakat dalam sektor layanan untuk perizinan secara online seperti pengajuan penelitian, IMB, hingga reklame melalui aplikasi Izinku. Layanan aplikasi Sistem Antrean Pasien Poliklinik Online berlaku di rumah sakit umum daerah sehingga masyarakat bisa mendaftar sebelumnya sehingga dapat mengurangi antrean.

Pembangunan infrastruktur seperti jaringan fiber optic seluruh perangkat daerah dan di 87 desa, command center dan data center sebagai pusat kendali layanan publik, ruang pelatihan (co working space) untuk pengembangan SDM digital dan start up.

Kutai timur (kabupaten), Kalimantan Timur

Di bidang pendidikan Pemkab Kutai timur terdapat aplikasi SIMAKSIRU. Lalu adanya digital e-learning, pembayaran PBB online, dan sistem informasi manajemen keuangan daerah (SIMDA) Kutim sudah menerapkan sistem penganggaran seperti Bosda.

Kawasan Folder Sangatta di Jalan Ilham Maulana sebagai percontohan Smart City di Kutai Timur. Dengan memadukan beberapa fasilitas rekreasi dan olahraga, tempat bermain anak, pusat jajanan kuliner Food Court (Pujasera), kawasan yang merupakan daerah resapan air ini sangat cocok menjadi tempat berkumpulnya warga.  Warga yang berada di area Folder, bisa menikmati fasilitas internet gratis yang dipasang Dinas Kominfo Perstik Kutim menggandeng anak perusahaan PLN Persero, Icon+.

Lamongan (kabupaten), Jawa Timur

Quick win Kabupaten Lamongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika diantaranya aplikasi Sistem Informasi Lamongan Integrasi (SILI) yang merupakan aplikasi panduan kota berbasis android, serta program Desaku Pintar.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan membuat inovasi yaitu E-Akuntansi Perkoperasian dan meluncurkan juga Rumah Kreatif Lamongan (RKL). Aplikasi ini mempermudah tata kelola data keuangan khususnya koperasi secara online. Lewat RKL, UMKM Lamongan akan mendapatkan pembinaan untuk peningkatan kualitas produk, termasuk akses pemasaran melalui media daring (online).

Laman Si Sapi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bertujuan mendekatkan peternak dengan pembeli. Laman yang juga menyediakan info ketersediaan dan harga ternak ini diharapkan bisa mengektifkan rantai distribusi jual beli ternak di Lamongan. Terdapat 80 aplikasi yang ada di Pemkab Lamongan.

Pasar Online Lamongan (POL) merupakan sebuah aplikasi belanja online dari Perumda Pasar Kabupaten Lamongan untuk membantu pedagang pasar untuk menjual barang-barang dagangan. POL bekerjasama dengan Bank Jatim melalui Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) sebagai media pembayaran melalui mobile banking.

Langkat (kabupaten), Sumatera Utara

Command Center menjadi platform terpusat untuk mengakses seluruh aplikasi pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Langkat. Sebagai Contact Center, Media Social Analytics, dan aplikasi Laporan Masyarakat (e-Laga). Langkat Command Center sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi, seperti e-Perizinan, e-Puskesmas, e-Planning, CCTV Monitoring, ditambahkan dengan aplikasi dari Lintasarta, yaitu e-Laga dan Media Analytics.

E-pasar merupakan aplikasi dan web yang berisikan informasi tentang produk-produk kerajinan UMKM masyarakat Langkat, termasuk destinasi wisata juga ditampilkan. Merupakan platform pendataan dan promosi gratis bagi pelaku usaha yang ingin menampilkan usaha. Pelaku usaha yang terdaftar di E-Pasar akan memiliki akses yang mudah ke berbagai pelayanan pemerintah dan swasta.

Program unggulan smart city di Langkat di antaranya, Wisata Mangrove Lubuk Kertang dengan fasilitas pondok/gubuk, makan, minum, spot foto dan fasilitas umum. Di tengah-tengah pepohonan mangrove yang sejuk dan rindang dan pemandangan satwa liar di sekitar sungai. Lalu, Getek Online (Geol) dengan fasilitas makan, minum, pemancingan ikan, udang gala dan safety jacket dengan menyusuri sungai di atas getek sambil menikmati kuliner, memancing dan mengamati satwa-satwa liar.

Luwu timur (kabupaten), Sulawesi Selatan

Di Bumi Batara Guru julukan Luwu Timur, Pemkab telah menggunakan 21 aplikasi dalam penyelenggaraan pemerintahannya. Contohnya Sistem Informasi Keuangan (E-Budgeting), Sistem Informasi Keuangan Daerah, Sistem Informasi Keuangan (E-Budgeting), Manajemen Kepegawaian. Sistem Informasi Kepegawaian, Sistem Informasi Aset dan Barang Daerah, Sistem Informasi Keuangan (E-Budgeting). Sistem Informasi Pengadaan, Sistem Informasi Pembangunan, Sistem Informasi Kearsipan dan Sistem Informasi Kebencanaan.

Sedangkan yang sedang dikembangkan bekerjasama dengan Kabupaten Tangerang ada 29 aplikasi. Seperti aplikasi SIMPATI RS (Sistem Informasi Tempat Tidur Rumah Sakit), aplikasi e-Office berbasis android. Aplikasi Bank Sampah, aplikasi Portal Perijinan Online dan aplikasi Portal Pariwisata. 

Program smart branding, diantaranya pengembangan kawasan 3 danau, pengembangan desa wisata Matano, dan penataan wajah ibu kota Malili (Pujasera dan Andi Nyiwi Park).

Magelang (kabupaten), Jawa Tengah

Command center room dapat memfasilitasi dan terintegrasi dengan 372 desa yang ada di Kabupaten Magelang, membantu penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat, dan juga proses pembangunan. Dukungan Telkom menghadirkan jaringan 100% fiber optic sehingga 21 kecamatan, 4 kelurahan, 7 SKPD, Dinas Perhubungan, area lainnya telah terhubung dengan koneksi internet.
Bahkan juga tersedia 21 akses wifi di area publik.

Jelajah Magelang adalah Aplikasi Android dari Diskominfo Kabupaten Magelang untuk menjelajahi kabupaten magelang hanya lewat sentuhan gadget. 

Aplikasi Magelang Cerdas membantu masyarakat mengakses beragam informasi publik di wilayah Magelang, termasuk informasi ketersediaan kamar di rumah sakit bahkan hingga stok darah.

Manado (kota), Sulawesi Utara

Ada 4 program quick wins yang menjadi andalan Pemerintah Kota Manado dalam mengimplementasikan smart city ini. Yaitu Cerdas Command Center (C3), Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA), aplikasi Pajak Online Terpadu (PONTER) dan Manado Siaga 112 (MS112). Dari Cerdas Command Center (C3) terintegrasi berbagai aplikasi yang terkoneksi dengan CCTV dan satelit untuk memantau kemacetan, jalan rusak, kebersihan kota, parkir liar, prakiraan cuaca, monitor harga sembako dan sebagainya.

Aplikasi lain antara lain : Sistem Gabungan Informasi Perangkat (Si Gita), Sistem Pemantauan Masyarakat (Si Tasya), Elektronik Goverment Letter (e-Gol), Pantau Harga Pangan (Tau-Pang), Ramalan Iklim Cuaca Cerdas (RICCA), Radio Komunikasi Gagak, Qlue Manado, Lapor Manado dan Kanal Resmi Pemkot Manado.

Mataram (kota), Nusa Tenggara Barat

Quick win unggulan Kota Mataram adalah Aplikasi penanganan kebencanaan yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Komunitas Lumbung Inovasi sebagai pengembang aplikasi, Cek resi online dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil, dan Sistem informasi pasar rakyat dan modern.

Aplikasi cek resi online mempermudah masyarakat ketika mengajukan pembuatan dokumen kependudukan dengan mengetahui posisi dokumen yang diajukan sudah sampai di mana tanpa harus bolak-balik ke kantor dinas. Sedangkan aplikasi sistem informasi pasar akan mempermudah masyarakat maupun OPD dalam memperoleh informasi harga komoditas di pasar dengan melakukan kerjasama antar dinas terkait yang saling berhubungan. Aplikasi kebencanaan akan mampu mengkoordinir penyaluran bantuan dan logistik saat terjadi bencana.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram sudah memiliki sistem monitoring rambu lalu lintas melalui aplikasi ‘area traffic control system’ (ATCS), dan akan membangun aplikasi e-parkir. Pemasangan CCTV di area publik yang berguna untuk memantau sampah, area kemacetan, serta area pariwisata di Kota Mataram. Aplikasi Mataramku Lapor berbasis android agar masyarakat dapat melaporkan secara langsung terkait permasalahan yang ada di seputar Kota Mataram. Aplikasi online lainnya adalah Simyandu, Daloket, Lapor!, Partner, PPID, dan Website masing-masing OPD.

Medan (kota), Sumatera Utara

Pemerintah Kota Medan meluncurkan aplikasi Medan Smart City untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi layanan publik dan layanan pemerintah Kota Medan berbasis online. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur mulai dari e-Budgeting, pendaftaran pengurusan akta kelahiran, pengaduan pelayanan publik, hingga informasi seputar tempat wisata di Kota Medan. Termasuk layanan Live Streaming Area Traffic Control System sehingga masyarakat bisa melihat langsung kondisi lalu lintas di Kota Medan.

Situs http://smartcity.pemkomedan.go.id/ memiliki fitur seperti Pelayanan Perizinan, LPSE Kota Medan, Daftar Akte Kelahiran Online, E-STS, E-Perencanaan Kota Medan, Perhitungan Restribusi IMB.

Sudah ada 67 aplikasi, baik yang bersifat publik maupun pemerintahan, yang ada di Medan.  Aplikasi Medan Rumah Kita hadir sebagai wadah bagi masyarakat Medan untuk mengadukan berbagai keluhan yang dialami dan ditemui di sekitar kota Medan.

Morowali (kabupaten),Sulawesi Tengah

Pemkab Morowali menjadikan keindahan potensi alam dan wisata Pulau Sombori menjadi salah satu dari 3 quick win program Smart City-nya. Lalu pengembangan kawasan ekonomi pesisir yang menghasilkan produk rumput laut dan perikanan. Dan pembenahan tata kelola persampahan. 

Website resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali www.morowalikab.go.id, mempromosikan setiap potensi daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Morowali, mulai dari potensi perikanan dan kelautan, pertambangan, perkebunan, pariwisata, dan lainnya.

Ada 4 program yakni, pengelolaan sampah, brending daerah berupa spot wisata yaitu pulau sombori, penataan UMKM meliputi penataan pedagang kaki lima di taman kota serta pemberdayaan masyarakat pesisir.

Muara Enim (kabupaten), Sumatera Selatan

Dalam program Muara Enim Smart Regency terdapat 3 quick wins yaitu Aplikasi MANCE (Muara Enim Center), Rumah UMKMK Gerbang Serasan dan Aplikasi SI CERDAS (Sistem Informasi Cepat, Efisien, Responsif dan Berintergritas).

Pemkab sudah memiliki ruang server yang terpusat di Dinas Kominfo Muara Enim. Muara Enim memiliki aplikasi perizinan online yang mampu menangani 20 macam perizinan. Sehingga memungkinkan masyarakat mengurus segala perizinan secara online dan dapat melihat progres surat perizinan itu dari tanggal masuk hingga selesai pengurusannya.

Pemkab Muara Enim sudah menerapkan e-purchasing berbasis LPSE LKPP yang memungkinkan perusahaan mengikuti tender pemerintah dan mengetahui si pemenang tender melalui sistem e-purchasing tersebut. Seluruh sistem absensi seluruh ASN dan OPD di Muara Enim sudah menggunakan sidik jari. Aplikasi pelayanan masyarakat yang bernama sistem pelayanan informasi dan keluhan masyarakat (SPIKM) telah terintegrasi dengan aplikasi LAPOR! SP4N milik Kemenpan RB.

Musi Banyuasin (kota), Sumatera Selatan

Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin sudah memiliki 40 aplikasi layanan. Layanan Muba Siaga 112, layanan kependudukan online SIP OK Muba yaitu Sidak-mantan, KIA-GO TO SCHOOL (cetak kartu identitas anak berdasarkan usul sekolah sekolah). Pilindes (perekaman e-KTP keliling ke desa dan sekolah), Ketapel Tahan Sakids (perekaman e-KTP keliling ke rumah tahanan, rumah sakit, dan disabilitas).

e-KTP (Dukcapil), SIDAK (Sistem Informasi Data Administrasi Kependudukan), PILINDES (perekaman e-KTP keliling ke desa-desa dan sekolah). PREMANCIT (perekaman e-KTP ke rumah tahanan dan rumah sakit), SUPORTIDES (support laporan kematian rumah perangkat desa melalui sms/wa).

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mencetak dokumen kependudukan: Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP, KIA, dan Akta Kematian. SI RANDIK (sistem informasi kendaraan berbasis drive thru terintegrasi berkeselamatan). Layanan kegawatdaruratan Call Center PSC 119 Muba yang dikelola Dinas Kesehatan. Layanan Call Center 110 yang dikelola Polres Muba. Fasilitas Wifi publik di 9 lokasi yang berada di 3 kelurahan di sekitar area Pemkab Muba.

Padang (kota), Sumatera Barat

Beberapa inovasi teknologi berbasis aplikasi telah dilakukan pada lingkup pemerintahan (E-Government) Pemerintah Kota (Pemkot) Padang. Aplikasi Elektronik-Perizinan bernama Saporancak dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berfungsi untuk mempermudah proses layanan perizinan di Kota Padang. Antara lain Izin Gangguan (IG), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), dan Izin Apotik (IA).

Kota Padang telah menggunakan setidaknya 40 aplikasi pelayanan publik dari berbagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Seperti aplikasi Perencanaan dan Penganggaran oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS). Aplikasi E-kelurahan (aplikasi layanan administrasi di tingkat Kelurahan dan kecamatan) yang terintegrasi dengan SIM Paten (pelayanan perijinan terpadu tingkat kecamatan) yang dikembangkan oleh Diskominfo.

Pemkot Padang telah memiliki aplikasi Padang Dalam Genggaman. Untuk mengetahui lokasi-lokasi menarik dan lokasi penting di Kota Padang.

Padang panjang (kota), Sumatera Barat

Sistem pelayanan tiap OPD akan terintegrasi ke Dinas Kominfo Kota Padang Panjang melalui Command Center. Diruang kendali itu, seluruh aplikasi terintegrasi dalam satu data base. Mengontrol keamanan kota lewat CCTV yang terpasang disejumlah titik. Dengan adanya Command Center (CC), masyarakat dapat menyampaikan pengaduan tanggap darurat lewat layanan Call Center 112. 

Adanya layanan administrasi kependudukan online (Paduko) oleh Dinas Dukcapil. Layanan perizinan satu pintu pola online pada Dinas PM-PTSP, penerimaan siswa baru cara online dan ujian nasional UNBK oleh Dinas Pendidikan. Penerimaan CPNS secara online oleh BKD, layanan LPSE oleh ULP-Pemko, penyediaan videotron, layanan pembayaran non tunai (cashless) oleh BPKD.

Berikut, layanan e–planning untuk penyebaran informasi rencana pembangunan daerah, karcis online berobat ke RSUD, pembayaran online air PDAM. Penyediaan 10 unit videotron di tempat umum (Dinas Kominfo), penyediaan Wi-Fi gratis di banyak tempat (OPD Pemko, BUMN/BUMD & swasta).

Palembang (kota), Sumatera Selatan

Aplikasi Hallo Palembang merupakan pusat layanan informasi Kota Palembang mengenai kebutuhan masyarakat sehari-hari seperti harga bahan pokok, Pengecekan tagihan bulanan hingga Lapor Warga.

Ada 21 fitur yang bisa dimanfaatkan warga Palembang termasuk call center 112,  laporan warga, SIM online Palembang, info lowongan kerja, peta lokasi kantor pelayanan. Cek tagihan PDAM, melacak armada Bus Transmusi, mobil jenazah, ambulans, hingga fitur telepon sahabat anak (Tesa).

Pasuruan (kabupaten), Jawa Timur

Command Center Kabupaten Pasuruan sudah terhubung dengan 22 titik CCTV yang tersebar dari Dinas Perhubungan (Dishub). Dan dapat melihat secara realtime data Dispendukcapil, prakiraan cuaca, data lowongan pekerjaan via Hallowork di Disnaker, hasil (kinerja) tiap ASN di Kabupaten Pasuruan dan juga e-puskesmas.

Llayanan online, absensi online, sampai pendaftaran lowongan kerja sudah bisa dilakukan online. Layanan 112 akan mendorong partisipasi aktif dari masyarakat untuk ikut dalam pelaporan jika terjadi keluhan atau insiden. Seperti jalan rusak, banjir, sampah, parkir liar sampai kemacetan. 

Pati (kabupaten), Jawa Tengah

Kabupaten Pati mewujudkan smart branding dengan pembangunan beberapa tugu seperti icon bandeng di Margorejo dan Patung Kresna, Arjuna menunggang kereta kencana di Kecamatan Pati. Smart ekonomi salah satunya diwujudkan dengan aplikasi pasar online yang dibuat oleh Disdagperin (Dinas Perdagangan dan Perindustrian).

Perwujudan Smart society dengan E-Santunan yang dikelola Dinsos (Dinas Sosial), sedangkan smart goverernance diwujudkan dengan beberapa website pemerintahan seperti Patikab.co.id dan Gagenda untuk informasi statistik daerah. Selain itu adanya aplikasi E-PBB, E-Pasar, E-Rusunawa, E-Menara, E-office, E-sakip, Gage Nda (Sistem Informasi Ringkasan Data Terpadu) dan Aplikasi Pati Smart City. 

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati meningkatkan pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dengan sistem elektronik,
melalui e-TPI / aplikasi Sipipa (Sistem Informasi Pelelangan Ikan Pati). SIJAKAPATI (Sistem Informasi Jalan Kabupaten dan Jalan Poros Desa Kabupaten Pati) merupakan aplikasi sistem informasi tentang database jalan yang terintegrasi dengan database jembatan dan rambu jalan.

Pekalongan (kota), Jawa Tengah

Quickwins pemkot Pekalongan diantaranya adalah penerapan e-government / perizinan online di lingkungan pemerintahan kota yang terkenal dengan batiknya ini. Lalu penerapan tanda tangan digital untuk surat keterangan di tingkat Kelurahan, dan penerapan jaringan IPAL Komunal dengan IoT untuk mengurangi dampak rob. Pekalongan Batik Fusion yang merupakan gabungan dari Pekan Batik, Batik Night Market, Kirab Batik, dll dalam sebuah kartu pintar atau aplikasi terintegrasi.

Pendaftaran di rumah sakit, puskesmas, proses e-KTP yang memberikan kemudahan masyarakat Kota Pekalongan dengan memaksimalkan penggunaan Teknologi Informatika. Pekalongan juga sudah memiliki perpustakaan digital melalui aplikasi berbasis android.

Pekalongan Smart City adalah aplikasi android maupun Iphone dengan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dan kemudahan akses terhadap berbagai layanan pemerintah kota Pekalongan. Seperti berita, informasi seputar kota, dapat melaporkan aspirasi maupun pengaduan, mengetahui agenda, wisata dan budaya, serta moda transportasi. Aplikasi ini juga menyajikan informasi kesehatan, dokter, apotek, rumah sakit, ATM, Kantor Polisi, SPBU, Layanan Pendidikan, Olahraga, Bisnis, Lapak, Kuliner, Property, Jual beli online, dan lowongan pekerjaan. 

Pemkot Pekalongan juga meluncurkan Call Center 112 yang merupakan layanan pengaduan kedaruratan dari masyarakat.

Pekanbaru (kota), Riau

Model Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, adalah MPP terlengkap dan terbaik di Indonesia yang melayani 175 perizinan dan nonperizinan yang terdiri 96 perizinan ditangani DMP-PTSP dan 79 pelayanan oleh 26 instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta badan usaha milik daerah.

Model Kartu Smart Madani, kartu cerdas dengan konsep satu kartu untuk semua urusan. Dengan 3 misi utama yaitu: mendorong budaya menabung, penggunaan uang elektronik dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Berfungsi sebagai kartu ATM, uang elektronik, dompet elektronik dan berisi data NIK yang terkoneksi dengan data kependudukan.

Pendirian Command Center dengan 24 layar monitor LCD 55 inci oleh Diskominfo Pekanbaru sudah terkoneksi dengan CCTV yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Pekanbaru. Sehingga dapat memantau aktivitas Kota Pekanbaru secara lebih dekat dan akurat, dapat menghitung berapa mobil yang masuk dan keluar Pekanbaru, dan mengatur kemacetan. 

Pemalang (kabupaten), Jawa Tengah

Quick wins smart city Kabupaten Pemalang yaitu program pengembangan wisata Pemalang selatan khususnya di Moga. Kemudian program E-voting pada Pilkades mulai dari proses pendaftaran pemilih, pelaksanaan pemilihan, penghitungan suara, dan pengiriman hasil suara. Lalu dari Dinas Kesehatan adalah program Jamilla Asiek (Jaga Ibu Hamil, Melahirkan dan Asi Ekslusif) untuk ibu hamil, menyusui, dan upaya pencegahan stunting pada anak.

Kabupaten Pemalang juga sudah mulai menggunakan Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) dengan menggunakan Smart System. Smart System merupakan sebuah upaya monitoring LPJU dengan dioperasikan dalam ruang kontrol PJU Smart System (SS), bahkan dapat dioperasikan dengan aplikasi Handphone. Sehingga mempercepat analisis masalah di lapangan. 

Pontianak (kota), Kalimantan Barat

Pemerintah Kota Pontianak, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengembangkan sistem informasi Pemerintahan berbasis teknologi informasi. Mulai dari aplikasi yang bersifat informasi umum, layanan masyarakat, hingga akses pengaduan ke pemerintahan. Begitu juga sistem manajemen pemerintah, seperti sistem penganggaran dan laporan keuangan secara terintegrasi berbasis teknologi digital. Termasuk meningkatkan kapasitas dan cakupan infrastruktur jaringan internet untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan berbasis teknologi informasi.

Jendela Pontianak Integrasi (Jepin) adalah Aplikasi berkonsep single portal yang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam informasi seputar Pontianak dan juga bisa sebagai media untuk menyampaikan laporan atau aduan ke pemerintah.

Online Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk layanan berkas-berkas kependudukan melalui sistem online. Seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Pencatatan Sipil, termasuk surat Keterangan kependudukan. Pemkot Pontianak juga telah mengimplementasikan Tanda Tangan Electronik (TTE). Aplikasi lain, yakni Sistem Informasi Manajemen Anggaran dan Akuntansi Keuangan SKPD (Simakda SKPD) mulai diaplikasikan sejak 2019.

Probolinggo (kota), Jawa Timur

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Probolinggo telah meluncurkan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) Call Center 112. Lalu ada aplikasi View Probolinggo yang terkoneksi dengan SIAK untuk mempermudah akses informasi tentang Kota Probolinggo, termasuk layanan pengaduan onlinenya. Karenanya, setiap orang yang ingin menginstal View Probolinggo harus menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Agar Pemkot Probolinggo mengetahui mereka yang ingin mendapatkan layanan dari View Probolinggo dari dalam kota berapa, dari luar Probolinggo berapa.

Program rutin Cangkrukan di Radio Suara Kota sebagai ajang wadul sekaligus silaturahmi masyarakat dengan Wali Kota Probolinggo beserta OPD-nya, kini masuk ke level komunitas. Kegiatan diseminasi informasi yang rutin selanjutnya menyasar setiap ada keramaian masyarakat. Ada Gadis Pentermas (pelayanan Gelar Diseminasi Informasi pelayanan terpadu) agar mayarakat mendapatkan akses layanan secara terpadu tanpa harus datang ke kantor. Juga ada dalam bentuk Pertunjukan Rakyat (Pertura).

Sistim E-Tukin berlaku bagi semua PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo. E-Tukin ini menunjukkan kinerja pegawai ASN sekaligus peta jabatan. Pemkot menyediakan wifi di area-area publik. Selain di fasilitas umum, setiap kantor kelurahan di Kota Probolinggo juga sudah dilengkapi wifi.

Sibolga (kota), Sumatera Utara

Pemkot Sibolga melalui Dinas Kominfo (Diskominfo) Kota Sibolga meluncurkan aplikasi CRM (Citizen Relation Management) yakni sistem penanganan pengaduan masyarakat terintegrasi berbasis sistem Geo-Tagging. Sibolga Command Center mengintegrasikan berbagai aplikasi yang sudah ada termasuk berbagai informasi pemerintahan seperti e-musrenbang, e-budgeting, e-planning maupun e-government.

Solok (kabupaten), Sumatera Barat

Kawasan yang merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatera Barat dengan nama Bareh Solok ini memiliki potensi pariwisata yang melimpah dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Pemerintah Kabupaten Solok menjadikan Pariwisata sebagai prioritas Smart City. Ada danau kembar, danau Talang, danau Tuo, danau Singkarak, Gunung Talang, dan puncak Gagoan.

Pemkab Solok membenahi infrastruktur fisik pariwisata dengan membangun jalan inspeksi di sepanjang danau-danau yang ada. Melalui situs http://disparbud.solokkab.go.id/ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok telah memulai mengenalkan keindahan alam Kabupaten Solok.

Kabupaten Solok telah memiliki 15 aplikasi yang sudah digunakan di antaranya www.solokkab.go.id, www.diskominfo.solokkab.go.id, www.lapor.go.id dan www.simaya.go.id

Sukoharjo (kabupaten), Jawa Tengah

Setiap desa di Kabupaten Sukoharjo telah terakses internet dan memiliki website dan juga sistem pengelolaan anggaran yang sudah online. Termasuk pelayanan e-pajak, e-retribusi, e-PBB. Pemkab Sukoharjo telah menerapkan aplikasi teknologi informatika dalam setiap proses pemerintahan mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi anggaran.

Aplikasi Sukoharjo Kita merupakan aplikasi android yang dikeluarkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Sukoharjo, yang mana pada aplikasi ini berfungsi sebagai penghubung aplikasi-aplikasinya.

Sumbawa (kabupaten), Nusa Tenggara Barat

Kabupaten Sumbawa sudah mengupayakan pengadaan barang dan jasa atau lelang secara elektronik (e-procurement), menggunakan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kapasitas perangkat daerah, meningkatkan kapasitas SDM, membangun infrastruktur jaringan dan berbagai aplikasi untuk mempermudah akses informasi bagi masyarakat.

Pemerintah Sumbawa Barat menyerahkan perangkat jaringan internet berbasis satelit kepada 10 desa terpecil untuk memperlancar komunikasi dan informasi melalui internet Mangoesky. Bekerjasama dengan Telkom yang terhubung ke desa-desa.

Sumenep (kabupaten), Jawa Timur

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tanpa kartu yang dilakukan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep dengan hanya memanfaatkan nomor telepon genggam, merupakan bagian dari Smart City. Hi Sumenep, Sumekar Online, Hompimpa, Sinergi, Siaga, Sakip, dan beberapa sistem informasi yang dimiliki setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sumenep, untuk memberikan kemudahan layanan publik.

Mall Pelayanan Publik (MPP) Sumenep, bertujuan untuk menyatukan seluruh perizinan dan kebutuhan publik dalam satu gedung, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengurus perizinan di banyak tempat.

Dengan backbone Metro E yang dibangun Telkom di Sumenep, tersedia layanan fixed broadband seperti Astinet, Indihome triple play dan wifi.id. Telkom juga menyediakan Mangoesky, layanan internet dengan teknologi satelit untuk beberapa lokasi yang belum terjangkau layanan kabel dan sinyal Telkomsel.

Surabaya (kota), Jawa Timur

Enam Quickwins Pemerintah kota Surabaya adalah Mall Layanan Publik (integrasi layanan), Wisata Air, Rumah kreatif Surabaya (Rukmaya), Panel surya dan detektor (Surya Raya), Tim Penegak Perda, dan GoBis. Surabaya sudah menerapkan sistem pemerintahan berbasis internet yang biasa disebut juga dengan e-procurement. Program Pahlawan Ekonomi dan program Pejuang Muda supaya ibu rumah tangga dan pemuda digerakkan untuk mengasah kreativitas dan menambah wawasan melalui kegiatan berjualan.

Adanya sistem penanggulangan bencana Surabaya Early Warning System (SEARS), sistem pemantauan air berbasis TI, sistem transportasi cerdas ITS-ATSC, serta pengelolaan sampah menjadi energi dan produk yang lebih berguna. Fasilitas Rumah Bahasa yang memungkinkan masyarakat untuk belajar secara gratis.

Smart Living Surabaya dengan adanya sistem penerimaan siswa baru secara daring, fasilitas wifi gratis di area publik, SIM sekolah daring, CCTV pemantauan lalu lintas dan portal pariwisata. 

Surakarta (kota), Jawa Tengah

Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Tape Pasar atau Teknologi Aplikasi E-Retribusi Pasar yang diterapkan di seluruh pasar tradisional. Aplikasi ini membantu para pedagang untuk pembayaran retribusi secara non tunai atau melalui Bank Jateng. Selain itu ada program Rerajut Ati (resik, ramah, jujur, tertib, aman, simpati) untuk menumbuhkan kesadaran para pedagang guna mewujudkan dan merawat suasana lingkungan pasar yang senantiasa bersih. 

Inovasi Si Bapak On atau Sistem Informasi Bayar Pajak Online yakni pembayaran pajak bumi dan bangunan yang bisa dilakukan di manapun dan kapanpun secara non tunai. Bekerjasama dengan Bank Jateng, Bank BNI dan Bank Mandiri.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta meluncurkan aplikasi Solo Destination yang memiliki sejumlah fitur layanan dan fitur informasi. Fitur layanan publik seperti e-ticketing, e-retribusi, e-kelurahan, e-uji, info lalin Solo yang merupakan pantuan CCTV lalu lintas. Fitur informasi seperti informasi wisata, kuliner dan sebagainya. Aplikasi “Tumbasembako” yaitu sebuah platform jual beli bahan pangan dengan memanfaatkan Grab Assistant di pasar tradisional.

Tuban (kabupaten), Jawa Timur

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban meluncurkan Aplikasi Tuban Smart City yang menghubungkan informasi dari sejumlah aplikasi / website yang bermanfaat bagi masyarakat Tuban. Seperti informasi berita Tuban terkini, aplikasi terkait layanan publik dan e-government, potensi desa, aduan masyarakat, destinasi potensial dan informasi penting mengenai Tuban.

Adanya Aplikasi Pengaduan Masyarakat Taprose Temanku. Website desa di Tuban menggunakan Sistem Informasi Desa. Dalam sistem ini, setiap desa bisa memposting berita desa dan informasi lain kepada publik. Semua OPD, kelurahan hingga desa sudah terhubung dengan kabel jaringan fiber optik.

Yogyakarta (kota), Yogyakarta

Pemkot Yogya memiliki aplikasi yang dinamakan Jogja Smart Service (JSS), yang bisa di unduh oleh masyarakat melalui Playstore. Aplikasi JSS dibangun untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi tentang Pemkot Yogya hingga penyampaian aduan, mengurus sejumlah perijinan atau permintaan layanan kegawatdaruratan.

Aplikasi tersebut juga memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan wifi gratis yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta di lebih dari 100 titik yang tersebar di berbagai wilayah Kota Yogyakarta.

Ambon (kota), Maluku

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerja sama dengan PT Telkom memberikan wifi gratis di 30 lokasi untuk mewujudkan Ambon smart city. Access Digital Frontier dan Pemerintah Kota Ambon mengembangkan platform digital Ambon@ccess yang dapat memberikan solusi dan membantu masyarakat untuk mengelola sumber daya yang ada sehingga memberikan informasi yang tepat untuk tata kelola harian dengan tujuan meningkatkan efisiensi memperbaiki layanan publik, serta sebagai alat untuk melakukan transaksi apa pun. Aplikasi ini juga memungkinkan masyarakat untuk mencari akomodasi atau hotel, restauran, melihat event yang sedang berlangsung di Ambon, dan sebagainya. 

Ada 57 titik CCTV yang berfungsi mengontrol dan mengawasi seluruh aktivas social, pemerintahan dan pembangunan di kota Ambon. Ketersediaan jaringan pendukung antara lain 3G, broadband acces, dan fiber optic telah mencakup wilayah administrasi kota Ambon. Tak hanya itu, kota Ambon juga memiliki command center.

Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iAmbonmanise.

Balikpapan (kota), Kalimantan Timur

Pemerintah Kota Balikpapan sudah menggunakan e-office yakni intraksi OPD sudah masuk ranah dan layanan smart city. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) memiliki program e-budgeting, dan Kantor Pajak terdapat Sistem Pendapatan Asli Daerah berbasis online. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) dengan program Si Cantik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dengan SPPD,dan idatabase.

Smart City Pemkot Balikpapan lebih dititik beratkan pada pengolahan sampah dan lingkungan. Dimana telah terbitnya perda yang mengatur tentang pengurangan sampah plastik, perda kawasan bebas asap rokok. Serta di Balikpapan terdapat pengolahan sampah yang ramah lingkungan.

Konsep Smart City di Kota Balikpapan juga tertuju kepada sistem pemerintahan online, pelayanan publik, dan sistem keamanan kota. Sistem pemerintahan online salah satunya dengan membangun layanan program e-Budgeting berupa sistem anggaran elektronik, dan e-Planning. Bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk menyebar fasilitas Internet Hotspot (wifi.id) di beberapa titik lokasi di Kota Balikpapan untuk menunjang kegiatan masyarakat khususnya dibidang teknologi informasi. Dinas Perhubungan Kota Balikpapan memasang puluhan kamera pengawas atau CCTV untuk memantau arus lalu-lintas, daerah rawan banjir dan daerah rawan kriminalitas.

Banda Aceh (kota), Aceh

Pemerintah Kota Banda Aceh menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) sehingga pelayanan publik lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan. Terdapat 93 aplikasi di lingkup Pemkot Banda Aceh yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pegawainya sendiri (private) dan juga kepada masyarakat (public). Diantaranya aplikasi E-Kinerja, E-Disiplin, E-Delegasi, E-Puskesmas, SIPERI (Sistem informasi penerimaan retribusi),E-Berindah, E-Surat (aplikasi surat elektronik). Mi Abang (Mobile Informasi Anggaran Banda Aceh), SIPDA (Sistem Informasi Pajak Daerah), UBK (Ujian Berbasis Komputer), KTP Elektronik. Dapat dilihat di situs layanan.bandaacehkota.go.id

Command center room dengan sebuah layar besar yang terdiri dari 10 unit monitor LCD 49 inci, terhubung dengan ratusan CCTV yang telah dipasang di sejumlah ruang publik dan perkantoran. Aplikasi penanganan laporan yang memudahkan petugas menindaklanjuti aduan warga, diberi nama SuWarga ini dapat langsung diakses di http://suwarga.bandaacehkota.go.id/. Versi mobile android-nya juga telah tersedia di Google Play Store.

Banjar (kabupaten), Jawa Barat

Quick win Banjar Smart City adalah Gerakan Bersama Realisasi Aksi Sanitasi (Gebraks) dan Perpustakaan Online (i-Martapura). Pemerintah Kabupaten Banjar meningkatkan Pelayanan publik melalui Aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) sehingga menyederhanakan permohonan perizinan dalam satu pintu. 

Adanya Program Penghapusan Jamban Apung dan Gerakan Bersama Realisasi Aksi Sanitasi (GEBRAK’S) untuk peningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat disekitar aliran Sungai Martapura.

Kabupaten Banjar telah menyelenggarakan Layanan Panggilan Darurat / Call Center 112 sebagai layanan darurat dan juga sebagai pusat informasi penanganan Covid-19 yang dapat dinikmati masyarakat Kab. Banjar secara gratis.

Banyumas (kabupaten), Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Banyumas memiliki 3 quick win yakni inovasi dari Dinsospermades (Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa) Pattas Sosial Mitra Kurir Langit. Kedua, Public Safety Center 119 Sistem Aplikasi Terpadu Rujukan dan Informasi Ambulance Gawat Darurat Kabupaten Banyumas (PSC 119-Satria). Dan ketiga adalah aplikasi Sampah Online Banyumas atau Salinmas.

Portal Banyumas Smart City diluncurkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas. Portal dalam website smartcity.banyumaskab.go.id tersebut salah satunya berisikan informasi tentang data kependudukan, pendidikan, penanganan bencana, hingga perencanaan keuangan. Informasi tersebut terintergrasi dengan website OPD yang bersangkutan.

Batu (kota), Jawa Timur

Aplikasi smart city yang dikelola Diskominfo Kota Batu mengarah pada branding Kota Batu sebagai kota wisata, yakni Shining Batu dan Smart KWB. Smart government bermuara pada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam menyusun renstra dan renja di setiap OPD. 

Among Kota adalah aplikasi informasi seputar kota wisata Batu, event, tempat wisata, rute kendaraan umum, kontak darurat dan lainnya yang berguna bagi wisatawan. Among Warga ialah aplikasi  penyampaian aspirasi masyarakat kepada pemerintahan untuk ditangani secara langsung, misal soal sampah, kerusakan sarana prasarana umum, bencana, dan lainnya.

Dan Among Tani adalah aplikasi yang memajang hasil produk pertanian kota Batu dengan harga jualnya, untuk menjembatani petani memasarkan produknya kepada pembeli secara online. Desa Iklim Tangguh Bencana merupakan program peningkatan kesadaran masyarakat dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Bontang (kota), Kalimantan Timur

Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar kegiatan Bontang Smart Festival 2020 untuk mendukung program Gerakan Menuju 100 Smart City. Mengedukasi dan menarik minat masyarakat terkait teknologi informasi, serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang TIK melalui Relawan TIK. Acaranya adalah Pelantikan Relawan TIK Kota Bontang, Seminar TIK, aplication competition dan Bontang e-Sport Championship.

Sebagian besar wilayah Kota Bontang terdiri dari kawasan lautan. Dengan kondisi itulah, Bontang menetapkan visinya untuk menjadi kota maritim berkebudayaan industri yang bertumpu pada kualitas SDM dan Lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat. Memiliki jargon Juara, Aktif, Global, dan Optimis (JAGO), Pemerintah Kota Bontang menyediakan 49 titik wifi gratis tersebar di wilayah Bontang, termasuk fasilitas umum seperti taman di beberapa kelurahan. Sebanyak 20 titik CCTV terpasang di Bontang yang dipantau oleh Command Center Diskominfo Bontang.

PPID Kota Bontang juga meluncurkan aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi Pengaduan Online) untuk menyalurkan aspirasi, informasi dan pengaduan berbagai layanan publik..

Cilegon (kota), Banten

Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi, dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon menetapkan quick wins. Yakni integrasi aplikasi, penerapan aplikasi pelaporan online masyarakat (aplikasi QLUE smart city), dan penggunaan Nomor Panggilan Darurat 112.

Tools aplikasi monitoring integrasi beberapa akses CCTV yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, dapat diakses di ruangan mini command center pada Diskominfo Kota Cilegon.

Demak (kabupaten), Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Demak meluncurkan aplikasi SIMAYA yang merupakan aplikasi tata naskah dinas elektronik. Juga telah melakukan kontrak kerjasama dengan Kabupaten Batang tentang pelaksanaan e-Planning dan e-Budgeting serta single data system. Dengan mengunjungi demakkab.go.id, masyarakat bisa mendapat informasi yang diinginkan.

Go-DeSmart adalah salah satu platform dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak dalam upaya mempromosikan dan mempublikasikan produk-produk yang ada di Kabupaten Demak. Termasuk fasilitas peta lokasi keberadaan pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Demak. Pemerintah bangun Demak Kota Pintar lewat Command Center.

Depok (kota), Jawa Barat

Diskominfo Kota Depok telah mengembangkan sekitar 20 aplikasi, di antaranya aplikasi pengelolaan daerah, sistem transparansi, sistem perencanaan daerah, sistem aplikasi rumah sakit yang dihubungkan ke puskesmas, sistem kependudukan yang menghubungkan dari pemda ke kelurahan, sistem e-KTP dan lainnya.

Salah satu upaya penanganan Covid-19 di Kota Depok dengan mengembangkan aplikasi Kampung Siaga Covid-19 yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Depok Single Window (DSW). Aplikasi DSW yang menjadi implementasi smart city memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan Pemerintah Kota Depok. Ada sejumlah fitur dalam DSW, antara lain, Kampung Siaga, Peta, Kontak, Ekonomi, Kependudukan, Pajak, Lowongan Kerja, Pendidikan, Perpustakaan, Perizinan, PDAM&PLN, Baznas. Kemudian Wifi, Kesehatan, Pengaduan, Data ASN, dan BNN.

Diskominfo Kota Depok menyediakan akses Internet nirkabel gratis untuk masyarakat, salah satunya di sepanjang Jalan Margonda yang memiliki 23 akses poin. Depok City Operation Room, atau disingkat DeCOR merupakan ruang komando pelayanan publik yang profesional dan transparan. Petugas bisa memantau jumlah kunjungan pasien di Puskesmas via control room, termasuk tren penyakit yang tengah berkembang. Pusat komando ini juga terintegrasi dengan call center pengaduan 112. Dengan adanya integrasi, diharapkan petugas akan merespons setiap aduan dari masyarakat dengan cepat.

Gunung Kidul (kabupaten), Yogyakarta

Sistem elektronik Kabupaten Gunungkidul hampir semua terintegrasi untuk mempermudah layanan administrasi kepada masyarakat di tingkat pedesaan. Sistem informasi desa terintegrasi dengan sistem informasi administrasi kependudukan sehingga masyarakat ketika mengurus administrasi yang dibutuhkan tak perlu mengisi formulir. Tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saja, maka akan langsung muncul datanya.

Integrasi data pokok kependidikan (dapodik) dengan sistem administrasi kependudukan. Ada pula sistem yang diintegrasikan untuk mempermudah kinerja Pegawai, berupa sistem e-office. Penerapan tanda tangan digital untuk mempermudah pelayanan ketika kepala dinas sedang berada di luar kota.

Program Gunungkidul Cerdas merupakan program pembelajaran kekinian melalui inovasi teknologi, kurikulum pendidikan disusun secara modern. Program Ayunda Si Menik Makan Sego Ceting (ayo tunda usia menikah mengawali gerakan semangat gotong royong cegah stunting) merupakan program untuk mencegah stunting dan pernikahan dini. 

Jayapura (kota), Papua

Pemerintah Kota Jayapura mendukung jaringan internet di kampung yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, sebab sebagian besar dari pelaku usaha di kampung sudah diarahkan untuk memanfaatkan internet dalam penjualan.

Pemkot Jayapura bekerja sama dengan Telkom menggunakan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Sekolah (SIMAS) maupun sistem lainnya guna menuju kota cerdas. 

Pemerintah Kota Jayapura menetapkan 3 Quick Wins yaitu implementasi aplikasi SI APIK, yaitu aplikasi pencatatan transaksi keuangan dari Bank Indonesia, oleh UMKM Kota Jayapura. Implementasi Aplikasi KITARUNG yaitu Aplikasi tata ruang oleh Dinas PUPR. Dan program e- hijau yaitu aplikasi pemantauan pohon yang sudah ditanam oleh komunitas oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Kebumen (kabupaten), Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Kebumen telah menerapkan inovasi pelayanan publik, antara lain Sistem Penanggulangan Pasien Gawat Darurat (SPGDT), dan Aplikasi E-BPHTB, yakni aplikasi pendaftaran dan pelaporan pajak BPHTB secara daring. Layanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen, bernama Dukcapil Go Digital.

Ada pula Aplikasi i-Kebumen atau perpustakaan digital berbasis media sosial dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP secara daring, Desa Online yakni aplikasi yang dikelola oleh Dispermades P3A. Lalu, aplikasi Petaku PDAM, sebuah aplikasi daring yang digunakan untuk mengetahui secara cepat peta lokasi data pelanggan air bersih. Caranya dengan menggunakan peta digital serta Bangun Komunikasi SMS Praktis (Bang Kumis) PDAM.

Dinas Kominfo Kebumen mempromosikan kawasan wisata Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK). Dikembangkan pelayanan administrasi kependudukan di level desa yang diberi nama Kios Pelanduk. Untuk meningkatkan pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup khususnya hutan dan peningkatan perekonomian masyarakat, pemkab menciptakan inovasi berupa Taman Proklim Lebah Klanceng atau Tamplek.

Kediri (kota), Jawa Timur

Pemerintah Kota Kediri telah berkolaborasi dengan perguruan tinggi dengan membuat Kampung Senyum Kelurahan Pocanan, Mrican dan Ngletih dan Kampung IVA yang pilot projectnya Kelurahan Campurejo. Selain perguruan tinggi, SMK di Kota Kediri juga dilibatkan dalam event tahunan Dhoho Street Fashion untuk membangun ekonomi dan branding Kota Kediri. Kota Kediri telah bekerjasama dengan bank untuk menyalurkan bantuan sosial melalui peluncuran kartu sahabat. Di mana, datanya terintegrasi dengan DTKS dan NIK Dispendukcapil.

Smart Governance, pemerintah membuat beberapa aplikasi seperti cek bansos, Pecut, tilang Covid-19, Sakti, E-BPHTB, dan aplikasi SIE. Smart Branding, adanya event menarik untuk mengenalkan kota seperti Dhoho Street Fashion, Musik Virtual dan lainnya serta membuat program kampung keren, jamu dan kampung tenun. Untuk Smart Economy seperti UMKM go to marketplace, fasilitas kemudahan akses modal kerja, bansos, padat karya, kartu sahabat dan lainnya.

Smart Society, Kota Kediri membuat program English Massive, Quran Massive, Si Jamal, Genibudujari, Posko Isolasi Mandiri, dan lainnya. Smart Environment, Kota Kediri membuat Perwali tentang pengendalian penggunaan wadah plastik untuk mengurangi sampah plastik yang susah diuraikan, membuat TPA regional, bank sampah dan sebagainya. Untuk Smart Living, Kota Kediri membuat program untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat seperti gemakiba, angkutan gratis, bus sekolah, aktivitas ruang terbuka hijau, kampanye gemarikan, senam ibu hamil dan masih banyak.

Klaten (kabupaten), Jawa Tengah

Untuk Kabupaten Klaten, dimensi pertanian dan ekonomi sebagai potensi daerah dijadikan prioritas atau diutamakan dalam perencanaan pembangunan. Ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Klaten diperhatikan dalam implementasi Klaten smart city.

Aplikasi digital untuk mengembangkan pelayanan pemerintah desa diawali dari festival dana desa digital di halaman Kantor Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Klaten. Kecamatan Karanganom menjadi rol model penggunaan aplikasi digital untuk desa-desa di Kabupaten Klaten. Sudah adanya aplikasi android Klaten Smart City berbasis kecerdasan buatan. Fitur diantaranya adalah informasi kuliner, properti, wisata, kesehatan, lapak jual beli, pengaduan pelayanan publik, serta lowongan pekerjaan.

Situs sejarah Candi Plaosan kini menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Klaten. Pemkab Klaten telah berhasil mengintegrasikan pengerjaan dan penganggaran sistem informasi Keuangan Daerah (Keuda) berbasis elektronik ke dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Pemkab Klaten memilih tiga inovasi prioritas yakni inovasi Matur Dokter, Matur Jujur dan Sipon Punten (Sistim On line Penjualan Produk Unggulan Klaten).

Kupang (kota), Nusa Tenggara Timur

Pemerintah Kota Kupang menggandeng Qlue sebagai platform dalam rangka mengoptimalkan pelayanan publik. Dengan aplikasi ini, Pemerintah Kota Kupang akan mendapatkan data yang akurat untuk merumuskan kebijakan.

Dengan aplikasi ini, warga Kupang bisa melaporkan permasalahan seperti sampah, lampu & rambu lalu lintas yang rusak, kemacetan, pelanggaran lalu lintas, parkir liar, tunawisma/pengemis, fasilitas anak, orang hilang, pedagang kaki lima liar, pelanggaran bangunan, iklan liar, permintaan fogging DBD, masalah kesehatan hingga laporan kebakaran.

Berkaitan dengan Covid-19, Pemerintah Kota Kupang memiliki tiga strategi besar. Pemkot Kupang mempersiapkan peralatan medis senilai Rp3 miliar, membantu masyarakat Kupang dengan memberikan bantuan sosial, dan melakukan peningkatan ekonomi masyarakat dengan berbagai program, khususnya digitalpreneur.

Madiun (kota), Jawa Timur

Pemerintah Kota Madiun melakukan berbagai program untuk mendukung konsep kota pintar. Di antaranya, sistem pemerintahan berbasis elektronik hingga program berbasis lingkungan seperti pengelolaan sampah di TPA Kota Madiun. Gas metan dari pengelolaan sampah tersebut sudah dimanfaatkan 200 KK warga sekitar sebagai penggati LPG.

Selain itu, penerapan Online Single Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi dan Usaha Mikro (DPMPTSPKUM) Kota Madiun untuk sistem perizinan secara online. Layanan nomor telepon kedaruratan yang dinamai unit Call Center 112 untuk memudahkan warga Kota Madiun mendapatkan pelayanan dalam kondisi genting.

Adanya penerapan perekaman pajak bagi wajib pajak, elektronik parkir, hingga miniatur Kota Madiun, PeceLand. Fasilitas WiFi gratis telah dipasang Pemkot Madiun di setiap rukun tetangga.

Magelang (kota), Jawa Tengah

Diskominsta Kota Magelang bekerja sama dengan Gamatechno meluncurkan Aplikasi Magelang Cerdas dengan 20 fitur supaya masyarakat dapat mengakses beragam informasi publik di wilayah Magelang. Diantaranya informasi ketersediaan kamar di rumah sakit bahkan hingga stok darah.

Di Command Center tersedia alat strategis dalam rangka kepala daerah mengambil kebijakan, termasuk anjuran Menteri PAN dan RB terkait aduan masyarakat. Kemudian dihubungkan lagi dengan ‘call center 112’ untuk melayani semua kebutuhan darurat yang antara lain berkaitan dengan kesehatan, bencana alam, kebakaran, kriminalitas, keamanan, dan ketertiban umum, dan tawuran.

Beberapa inovasi di Kota Magelang antara lain Rojak (Ronda Jam Kerja) dan e-Retribusi. E-retribusi merupakan sistem yang berfungsi memudahkan penjual pasar di Kota Magelang membayar pajak retribusi. Program One Kota berupa fiber optik langsung menuju OPD dan sekolah se-Kota Magelang.

Padang Pariaman (kabupaten), Sumatera Barat

Dengan Command Centre membuat Padang Pariaman kini bisa menerapkan aplikasi e-planing, e-budgeting (realisasi anggaran) e-monev (monitor pelaksanaan proyek pembangunan). E-kinerja (kinerja dan disiplin pegawai), One Data (data Padang Pariaman), e-Lakip (laporan kinerja), Pesduk (laporan permasalahan masyarakat). E-puskesmas (monitor pelayanan puskesmas), e-pariwisata, e-kependudukan, CCTV Monitor (monitor lalu lintas/macet), dan aplikasi lainnya. Bupati dapat dengan mudah mengakses dan mengawasi seluruh program kegiatan Padang Pariaman secara online dan digital.

Padang Pariaman telah melaksanakan tiga program cepat yaitu Sipakem (system pelaporan kelahiran dan kematian) dan Program Padati yaitu sebuah aplikasi yang mempermudah wisatawan untuk mengunjungi objek wisata, serta program Smart Nagari.

Situbondo (kabupaten), Jawa Timur

Maintenance sistem informasi Command Center Kabupaten Situbondo yang dibangun bekerjasama dengan Kominfo. Semua data Dispendikbud terhubung dengan data di instansi lain. Instansi lain yang terkait meliputi Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk integrasi data PNS Dispendikbud ; Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) untuk integrasi Data Gaji PNS Dispendikbud. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk integrasi seluruh data pokok pendidikan (dapodik). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) untuk integrasi data kependudukan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk integrasi data kesehatan siswa.

Tiga percepatan inovasi Kabupaten Situbondo yaitu, Simple Puter (sistem pelayanan publik terpadu). Ekonomi Kebersamaan, yaitu tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan bersama-sama untuk menghijaukan lahan pertanian secara serentak dan besar-besaran. Terakhir yaitu Kawasan Ekonomi Essensial Kampung Blekok.

Kini telah tersedia jaringan 4G/3G di 182 titik. Juga terdapat hotspot untuk internal Pemerintah dan publik (Instansi Pemkab, Taman, Area Publik, Lokasi Wisata, Sekolahan) berjumlah 564 titik.

Sragen (kabupaten), Jawa Tengah

Tiga Quick Wins Pemerintah Kabupaten Sragen terdiri dari yang pertama Aplikasi Sragen Pintar yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang Sragen secara cepat. Kedua sistem Termanis (Sistem Informasi Perjalanan Dinas Online) (SPPD Online) guna mewujudkan tertib administrasi perjalanan dinas baik di dalam maupun keluar daerah. Dan ketiga program MATRA bertujuan untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam pengentasan kemiskinan.

Aplikasi Sragen Pintar memuat berbagai informasi seperti perizinan, pelayanan kependudukan (seperti akta kematian, akta kelahiran dan pembuatan KIA), pelayanan kesehatan, pendidikan, kuliner, pariwisata, fasilitas umum, lowongan pekerjaan. SIGAP TUNA SOSIAL, merupakan sebuah sistem penanganan masalah tuna sosial dengan cepat dan efektif yang dilaksanakan oleh Tim Gerak Cepat Dinas Sosial Sragen. Dengan memanfaatkan teknologi biometrik yang terintegrasi dengan data Sistem Indormasi Manajemen Kependudukan (SIMDUK).

Tabalong (kabupaten), Kalimantan Selatan

Quick win Kabupaten Tabalong adalah capacity building, yaitu peningkatan keterampilan masyarakat, menciptakan wirausaha baru dan Langsat Manis (Layanan Angkutan Masyarakat yang Nyaman dan Gratis). 

Di Kabupaten Tabalong sudah cukup banyak layanan publik yang telah memiliki layanan internet. Beberapa ruang terbuka telah dilengkapi dengan free wifi, 13 dari 16 Puskesmas juga telah memiliki layanan internet dan sudah membangun tujuh BTS di desa terpencil. Terdapat 12 aplikasi layanan publik yang digunakan oleh masyarakat untuk memudahkan keperluan di setiap SKPD.

Tangerang (kabupaten), Banten

E-planing, e-budgeting, e-monev, dan berbagai aplikasi online telah diterapkan oleh OPD di Kabupaten Tangerang. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan pelayanan pembayaran pajak online, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan aplikasi pendaftaran secara online. Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) sudah menggunakan aplikasi OSS ( _one single system).

Tanjung Pinang (kota), Kepulauan Riau

Beberapa dinas di Tanjungpinang sudah melakukan berbagai programnya dengan menggunakan sistem online. Di Bapelitbang ada e-planning, di dinas lain ada e-budgeting, BPHTB online, typingbox dan beberapa sistem layanan lainnya. Diskominfo memiliki website dan portal yang terus dikembangkan untuk menyosialisasikan semua program.

Smart living, pengembangan SIM Rumah Sakit dan e-Puskesmas di seluruh puskesmas se-Kota Tanjungpinang. Untuk smart branding, pengembangan 8 paket produk unggulan wisata dan produk unggulan ekonomi kreatif non internet yang diproduksi oleh pengrajin di Kota Tanjungpinang.

Smart governance, aplikasi seperti, sistem informasi kependudukan dan catatan sipil online (SiKancil), sistem aplikasi persandian (Pindai), aplikasi penilaian kinerja elektronik (Ape Keje). Tanjungpinang Aktual (Tanjak), elektronik e- signature (Sekejap), sistem informasi kepemudaan (Dakkota). Aplikasi lampu penerangan jalan umum Tanjungpinang (SiLajang), informasi CSR (SiCepat). Penerapan QRIS untuk transaksi non tunai di pemerintahan dan masyarakat hingga program kampung iklim yang dilaksanakan kelurahan bersama warga.

Wonosobo (kabupaten), Jawa Tengah

Kabupaten Wonosobo memperluas pembangunan jaringan fiber optic, CCTV di sejumlah titik di sekitar Kota Wonosobo, Pusat Data Kabupaten, serta optimalisasi layanan internet satu pintu. Kabupaten Wonosobo juga menjadi pioner dalam mengupayakan keterbukaan data terkait kinerja pengelolaan dana desa, melalui aplikasi Open Data Keuangan Desa.

Masyarakat menggali dan memanfaatkan potensi alam di desa masing-masing, seperti diperlihatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Tambi Kecamatan Kejajar kerjasama dengan Perhutani untuk pengelolaan kawasan wisata alam Bukit Setalang.

Dinas Kominfo Wonosobo mendukung sektor pariwisata, terutama yang berbasis alam, dengan memasang jaringan internet pendukung di desa-desa wisata, seperti di Desa Dieng Kecamatan Kejajar, Desa Wisata Kumejing Kecamatan Wadaslintang.


Toko Resmi Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Telegram Terabit Komputer

Klik link ini untuk gabung dengan grup Whatsapp Terabit Komputer

(Saat awal bergabung, wajib memperkenalkan diri Anda)

Silahkan chat